in

Masih Bagalau, Liga 1 Bisa Berubah Format Bila Izin Kepolisian Kembali Tidak Keluar

Yohyakarta, bolabeten – Seluruh klub Liga 1 sudah sepakat melanjutkan kompetisi musim ini pada 1 November mendatang. 18 klub sudah sepakat melanjutkan Liga 1 musim ini pada 1 November mendatang. Kepastian tersebut didapatkan setelah mereka menggelar pertemuan dengan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), di Yogyakarta, Selasa (13/10).

Hanya saja, kelanjutan Liga 1 musim ini masih bagalau, tergantung dari izin Kepolisian Republik Indonesia. Bila izin tersebut tidak keluar kompetisi sepakbola kasta teratas Tanah Air, bisa ditunda kembali.

Maka dari itu, dalam rapat tersebut menyiapkan beberapa pilihan. Satu di antaranya yakni mengubah format lanjutan Liga 1 musim ini untuk memangkas waktu penyelenggaraan.

“Ada tiga alternatif. Pertama 1 November tetap dilanjutkan kompetisi dengan tiga pertandingan yang sudah dimainkan tetap dihitung,” kata general manager Borneo FC Firman Achmadi.

“Apabila kompetisi mundur menjadi Desember maka kemungkinan format akan diubah menjadi dua wilayah. Lalu yang terakhir kalau kompetisi dilaksanakan pada Januari maka minggu pertama sampai keempat Ramadan di bulan April, tetap diadakan pertandingan,” Firman menambahkan.

Kendati demikian, Firman menjelaskan pihaknya bersama seluruh klub yang mengikuti rapat yakin lanjutan Liga 1 musim ini dapat dihelat 1 November mendatang. Ia melihat keseriusan PSSI untuk menggulirkannya.

“Kami tidak mau berpikir buruk terlebih dahulu [izin keramaian tidak keluar]. 18 klub yang ikut rapat tadi optimis [kompetisi digelar 1 November],” ujarnya.

Selain itu, Firman sikap ketua umum PSSI Mochamad Iriawan. Menurutnya, sosok yang karib disapa Iwan Bule tersebut bekerja keras agar lanjutan Liga 1 musim ini dapat dilangsungkan.

“Bahwa jauh sebelumnya beliau [Iriawan] sudah mengadakan pertemuan dengan unsur-unsur kepolisian itu jauh sebelumnya sudah dilakukan. Bila izin nanti keluar untuk 1 November maka Liga 1 dilanjutkan,” ucapnya.

Sebelumnya, lanjutan Liga 1 musim dijadwalkan bergulir pada 1 Oktober 2020. Akan tetapi, PSSI terpaksa menundanya karena Kepolisian Republik Indonesia tidak memberikan izin keramaian.

Masih tinggi kasus virus corona di Indonesia yang membuat izin tersebut tak diterbitkan Kepolisian Republik Indonesia. Sejumlah klub Liga 1, memilih untuk meliburkan skuadnya sejenak karena penundaan tersebut.(*)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

PSTS Tabing Cup U-15: Dua tim tuan rumah terpuruk di laga di hari kedua, Selasa (13/10), Ripans buka peluang ke Babak Gugur

20 Tahun Journalist Journey: DNA Sepakbola dan Berkelana di 29 Stadion di Indonesia