in , ,

Soal Restart Liga 2 2020, Eduardo Almeida: Home Tournament Solusi Terbaik

Padang, bolabeten – Pelatih Semen Padang FC, Eduardo Almeida mengatakan, wacana sistem home tournament yang ditentukan PSSI untuk memulai “restart” Liga 2 2010, adalah solusi terbaik untuk saat ini. Dia juga tak berharap terlalu banyak, lanjutan kompetisi digelar seperti format awal.

Menurut Almeida, terpenting baginya adalah bagaimana kompetisi berjalan dulu. Meskipun secara jumlah pertandingan format setengah kompetisi lebih sedikit dibanding kompetisi penuh.

“Dengan format setengah kompetisi, artinya jika ingin sukses, tidak boleh membuat kesalahan dalam setiap pertandingan nanti. Sebab mungkin tidak banyak waktu untuk melakukan recovery,” ucap Eduardo, yang ssat ini berada di negaranya.

Untuk itulah, menghadapi kelanjutan Liga 2 nanti timnya harus sudah terbentuk dengan baik. “Format ini memang berbeda dan akan dirasakan semua tim, yang paling penting siapa yang siap dia yang akan beruntung,” kata pelatih asal Portugal ini, sepereti diwartkan topskor.id.

Hal senada diungkapkan dua pelatih asing lainnya di Liga 2, seputar untung rugi format home tournament ini. Juan Marcelo Cirelli, Pelatih asing PSBS Biak berpendapat, keuntungan digelarnya home tournament pemain akan tinggal, latihan, dan bermain selalu di kota dan stadion yang sama.

Artinya, pemain tidak akan kelelahan dengan perjalanan dari kota ke kota setiap tiga hari seperti saat format kompetisi penuh. “Jadi untungnya lebih bagus dari sisi recovery fisik pemain,” kata Marcelo.

“Kalau main terus di Jawa kami tidak akan pernah bermain di stadion kami sendiri di Biak, dan seperti bermain away terus. Tak hanya itu, yang perlu diperhatikan panitia adalah terkait tempat latihan. Yang terpenting itu. Jika semua tim ada di kota yang sama, tentu semuanya butuh tempat latihan setiap hari. Apakah tempatnya tersedia ? Itulah yang saya khawatirkan,” kata pelatih asal Argentina ini.

Sedangkan pelatih asing Badak Lampung FC, Rafael Berges Marin menilai, kompetisi dengan format setengah kompetisi yang akan diterapkan nanti lebih adil. Tapi yang terpenting baginya kompetisi di Indonesia segera dimulai. “Karena ini akan sangat baik untuk citra sepak bola Indonesia di mata dunia,” kata pelatih asal Spanyol itu.(*)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Jadwal PPD 2022 zona Asia dirilis AFC, PSSI Segera Siapkan Tim Nasional Senior Indonesia

Elie Aiboy, Dibesarkan Semen Padang, Meraih Kejayaaan di Persija Jakarta