in , , ,

Tiga Pemain Asing ini Muallaf saat perkuat Semen Padang FC

Semen Padang FC

Padang, bola beten – Semen Padang FC termasuk klub yang banyak dijadikan oleh pesepakbola lokal maupun asing sebagai candradimuka perjalanan karir mereka.

Selaku eks. Galatama, kompetisi semi pro Indonesia, SPFC didatangi para pemain karena kenyamanan. Suasana mess pemain yang berupa komplek perumahan di dalam kawasan pabrik disertai tingginya rasa kekeluargaan mereka.

Dalam sejarah sepakbola Indonesia, banyak juga pemain asing yang menyinggahi tim berjulukan Kabau Sirah, sejak penggabungan kompetisi Peserikatan dan Galatama, Liga Indonesia 1994 silam hingga saat ini.

Kebanyakan datang dari Amerika Latin dan Afrika. Tidak sedikit dari para pemain-pemain asing yang merasa betah di mess pemain, komplek perusahaan PT. Semen Padang, Indarung, Padang. Serupa Antonio Claudio, Carlos Renato Elias, Stephen Mennoch, David Pagbe, Edward Wilson, Esteban Vizcarra, Yu Hyun Koo dan lain lain. Mereka merasa cocok dan nyaman dengan suasana dan situasi kehidupan masyarakat, kultur dan kebudayaan Minang yang familiar.

Beberapa pemain asing tersebut berbaur dengan kultur masyarakat minang dan mayoritas Indonesia yang beragama Islam. Beberapa diantaranya mengambil keputusan menjadi muallaf.

Dari penelusuran bola beten, ada sejumlah pemain asing yang memeluk agama Islam dan menikahi wanita Minang.

  • Antonio Claudio (Brasil)
Merupakan pemain asing asal Brasil yang membela  Semen Padang FC (SPFC) di LI 1994-1995, 2004-2005 dan 2009-2010. Ia salah satu pemain asing yang kariernya panjang. Malang melintang hingga usia 40 tahun.

Antonio Claudio jadi muallaf usai memperkuat SPFC. Toyo berpindah ke PSP Padang, LI 1997 1998. Pemain kelahiran 16 April 1973 itu muallaf setelah mempelajari Islam dengan Bapak angkatnya bernama Zamzami, nan notabene adalah manajer tim PSP Padang kala itu. Nama Islamnya, Fakhruzzaman. Toyo menikahi wanita Padang bernama Vera dan dikaruniai sepasang anak. Perempuan dan Laki Laki.

  • Patricio Jimenez
Pemain asla Chile kelahiran 23 Juni 1975 ini membela Semen Padang FC di musim LI 2004. Bek yang tersohor karena mengambil penalti dengan mata tertutup ini kala di Persib Bandung, memeluk agama Islam dan menikahi wanita asal Minang bernama Novia Anggraeni pada 2004. Pato dikenal rajin shalat berjamaah di masjid. Setelah belajar mengaji, ia pun menjadi guru mengaji bagi ketiga anaknya.
  • Marcio Souza

Marcio Souza Pemain asal Brasil berposisi penyerang asal Brasilini mengucapkan kalimat syahadat saat memperkuat Semen Padang pada musim 2010.

Pemain kelahiran 14 Januari 1980 menjadi muallaf dengan melafalkan syahadat dipimpin Ketua MUI Kota Padang pada waktu itu, Buya Syamsul Bahri Khatib, di Masjid Nurul Iman, Kota Padang, 28 Maret 2010. Marcio tertarik menjadi mualaf karena merasa damai saat melihat rekan-rekannya di Semen Padang melakukan shalat, baik saat ketika di mess maupun perjalanan laga tandang.

Sosok Antonio Claudio kompatriotnya, berperan besar bagi Marcio Souza untuk muallaf. Saat di Semen Padang, kedua pemain itu jadi rekan sekamar baik saat di mess maupun di hotel. Memeluk Islam, Marcio Souza berganti nama menjadi Ahmad Marcio. Ia juga menikahi wanita Minang bernama Rahmi pada 23 Juni 2010.

Selain ketiga pemain asing tersebut, ada pula Esteban Vizcarra yang memeluk Islam dan lama membela SPFC, 2010-2014. (*)

(*) sumber : dari berbagai media

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Carlos Renato Elias; Rindu Indonesia, Ketika Cinta Terbelah Antara Palembang dan Padang

Best Five Futsal Sumbar, Dominasi Generasi 2012 dan Talenta Baru yang Terus Bermunculan