in ,

Terungkap Setelah Dua Dekade, Alasan Mike Tyson Gigit Telinga Evander Holyfield: “Dia Terus Memukuli Kepala Saya”

New York, bolabeten – Mike Tyson akhirnya mengungkapkan alasan di balik aksinya mennggigit telinga yang dilakukanya terhadap Holyfield hingga putus beberapa tahun lalu, sehingga Holyfield tak lagi memiliki daun telinga yang sempurna.

Mike Tyson berhadapan dengan Evander Holyfield pada 28 Juni 1997. Mereka berduel untuk memperebutkan sabuk juara kelas berat versi WBA. Pertarungan Tyson vs Holyfield saat itu sangat dinanti oleh penggemar tinju. Pasalnya, itu merupakan duel lanjutan setelah mereka bertemu di atas ring sebelumnya pada 9 November 1996.

Saat itu, Tyson yang lebih diunggulkan, justru kalah TKO dari Holyfield pada ronde ke-11. Maka dari itu, duel pada 1997 bisa dibilang menjadi misi balas dendam bagi Si Leher Beton. Namun, pertarungan tidak berjalan seperti yang Tyson inginkan. Ia kepayahan meladeni tinju Holyfield hingga akhirnya melalukan aksi kontroversial itu pada ronde ketiga.

Petinju “leher beton” itu asal Amerika Serikat itu dengan sengaja menggigit telinga kanan Holyfield. Potongan telinga kanan Holyfield saat itu jatuh di atas ring tepat di hadapan juri Duane Ford.

Setelah insiden itu, pertarungan sempat dilanjutkan kembali sebelum akhirnya Tyson didiskualifikasi karena mencoba melakukan hal yang sama terhadap telinga kiri Holyfield. Tyson pun gagal merebut sabuk juara dan harus membayar denda 3 juta dolar AS (sekitar Rp 46 miliar) akibat aksi brutalnya. Selain itu, Tyson harus vakum beberapa waktu akibat lisensi bertinjunya dicabut.

Kini, setelah lebih dari dua dekade berlalu, Tyson akhirnya mengungkapkan alasan di balik aksi gigit telinga yang dilakukanya terhadap Holyfield. Alasan itu diungkapkan ketika Tyson menjadi bintang tamu podcast milik mantan pemain NBA, Dennis Rodman.

“Saya frustrasi dan marah karena dia terus memukul kepala saya,” ujarnya, seperti dilansir dari The Guardian, Minggu (10/5). “Saya kesal karena dia petarung yang hebat. Saya ingin memukulnya dan memberikan sakit yang teramat sangat,” kata pria yang kini berusia 53 tahun itu menambahkan.

“Saat itu saya kehilangan ketenangan saya, jadi menggigit telinganya,” ucap Tyson. Kendati demkian, Tyson sebenarnya sudah sempat minta maaf langsung kepada Holyfield saat satu frame pada acara talkshow Oprah Winfrey, Oktober 2009. Holyfield pun dengan lapang dada menerima permohonan maaf Tyson, meski sadar telinga kanannya kini tak lagi sempurna.(*)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Apa Kabar Imral ‘Korea’ Usman? Mantan PSP Padang yang Pernah jadi Top Skor Persib Bandung

Memori 29 Mei 2010 Stadion Manahan Solo; Tonggak Sejarah Semen Padang FC Lolos ke Kasta Tertinggi