in , ,

Sumut Sport Center Punya Zona Olahraga, Rekreasi dan Komersial

Olahraga Nasional

Maket Sumut Sport Center, Deli Serdang

Medan, bolabeten – Usai menyerahkan SK (Surat Keputusan) Tuan Rumah PON XXI/2024, Kamsi (19/11) Menpora RI Zainudin Amali meninjau pembangunan fasilitas dan venue pertandingan, kawasan Sumut Sport Center, pada Jumat (20/11/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Zainudin mendengarkan ekspose menyeluruh seluruh fasilitas dan venue Sumut Sport Center yang berada di Desa Sena, Batang Kuis, Deli Serdang, dari Kadispora Sumut Bahar Siagian.

Bahar Siagian menyampaikan kawasan Sumut Sport Center akan dibangun di area seluas 300 ha (hektar) nantinya akan menjadi ikon kebanggaan Sumut yang ke-4. Konsepnya sendiri ada 3 zona.

“Di area seluas 300 ha nantinya akan dibagi beberapa zona yakni zona olahraga yang dikhususkan untuk kawasan olahraga seperti venue yang mengelilingi stadion utama,” ujar Bahar.

“Kedua yakni zona penunjang, nantinya akan ada plaza, teater boulevard, masjid, arena bermain sehingga bisa untuk masyarakat rekreasi,” sambungnya.

“Zona terakhir yakni zona komersial yang akan dibangun tempat meeting, convention hall dan exhibition hall, mall, hotel dan RS internasional,” imbuhnya.

“Kenapa kita bagi beberapa zona, kita berkaca dari daerah lain yang membangun kawasan olahraga untuk even nasional dan internasional tapi setelahnya mati suri tidak terawat karena biaya perawatannya tinggi,” kata Bahar melanjutkan.

“Untuk itu, nanti zona komersial dan pendukung lainnya bisa berkontribusi untuk merawat semua venue yang ada yang juga sudah terakomodir untuk NPC atau untuk atlet berkebutuhan khusus,” tegasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Dibiayai APBN, Menpora RI Ingatkan Pemeliharaan Sumut Sport Center Pasca PON 2024

Asprov PSSI Sumbar Gelar Kursus Wasit C-2 dan C-3 pada 24 – 30 November 2020