in , , ,

Kalahkan Persewar Waropen, Tim Sepakbola Papua bermasalah, tak punya Playmaker Handal

PON XX Papua

Eduard Ivakdalam di sesi latihan Tim Sepakbola Papua 2020/foto: Istimewa

Jayapura, bolabeten – Persiapan tim sepakbola Papua tuan rumah PON XX masih memerlukan evaluasi dan pembenahan sebelum tampil di ajang multi event, Pekan Olahraga Nasional (PON) yang mereka tuan rumahi.

Hal itu juga terlihat pada laga uji coba melawan klub Liga 2 2020 Persewar Waropen. Meski menang dengan skor akhir 2-1, Sabtu (26/09) di Stadion Mahacendra Universitas Cenderawasih. Ada persoalan di sektor lini tengah bermasalah. Belum menemukan sosok jenderal lapangan, gelandang bertipikal playmaker dan mampu mengendalikan ritme permainan.

“Saya akui masih banyak hal yang harus diperbaiki. Masih ada waktu satu tahun kedepan untuk kita siapkan tim ini lebih solid lagi. Kami belum memiliki gelandang berkualitas yang bertanggungjawab sebagai pengendali ritme dari permainan tim PON,” kata Edu sapaan akrabnya, Senin (28/09).

Untuk mewujudkan hal tersebut, mantan pemain Persipura Jayapura ini akan memantau pemain di posisi playmaker dari berbagai ujicoba maupun pemain-pemain asal Papua.

Tak hanya menyoal pemain. Edu turut mengungkapkan tim Papua belum memiliki pelatih fisik.

“Banyak pelatih fisik yang sudah kontak dan kita bicara, tapi saya tak ingin buru-buru untuk laporkan ke KONI, karena ini terkait dengan kontrak pasti yang cukup besar, saya masih bisa jalankan program fisik sendiri,” jelasnya.

Edu mengakui sampai saat ini tim pelatih juga belum bisa mengukur VO2 Max para pemain. Karena itu, ia mengharapkan KONI Papua bekerjasama dengan Universitas Cenderawasih agar para pemain sepakbola PON bisa melakukan test fisik.

“Saya yakin dengan kondisi stamina seluruh pemain saat ini walaupun tidak ada pelatih fisik, tapi tentu kita harus tes fisik mereka, sehingga kita tau benar-benar berapa VO2 Max para pemain,” bebernya. (jubi co id)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Peresmian venue cabor sepakbola, Stadion Lukas Enembe, suguhkan uji coba Persipura vs Tim PON Papua, (20/10/2020)

Manager SPFC sebut habiskan uang untuk pertahankan Almeida karena target lolos ke Liga 1 Indonesia