in ,

Lody Lontoh, Master Aerobik Indonesia

Olahraga Nasional

Lody Lontoh/Foto: Kemenpora RI

Jakarta, bolabeten – Nama Lody Lontoh mungkin sudah tak asing lagi di telinga para penggemar dan pecinta senam aerobik di Indonesia. Ia adalah master aerobik nya Indonesia saat ini.

Tapi mungkin tidak semua pecinta olahraga senam ini mengetahui sang master. Perjalanannya dimulai saat ia masih berusia anak-anak, tepatnya diusia 7 tahun. Diusia itu ia akrab dengan senam aerobik ini. Lody menyampaikan, ketertarikannya untuk lebih mendalami aerobik berasal dari ibu kandungnya, yang merupakan seorang instruktur senam.”Saya belajar langsung dari mama, saat masih remaja dan hingga sekarang tetap jadi atlet senam aerobik,” tutur pemuda kelahiran Jakarta ini.

Motivasinya menjadi atlet terbaik mewakili Indonesia di kancah dunia, bahkan sebelum olahraga ini memiliki tempat di hati pecinta aerobik di tanah air. “Awalnya saya engga mau, tapi mama bilang nanti bisa ikut PON dan SEA Games. Akhirnya, ucapannya seorang ibu adalah doa, dan itu terbukti untuk saya,” kenangnya.

Pria yang lahir pada 19 Agustus 1980 ini berhasil mewujudkan mimpinya dan berhasil membawa nama harum Indonesia di berbagai pentas kejuaraan aerobik internasional, segudang prestasipun telah berhasil ia raih.

Ia sangat bangga dan bahagia saat Sang Saka Merah-Putih berkibar dan lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di negeri orang berkat dirinya dan senam aerobik.

Semangat itulah yang menjadikannya belasan tahun terus menggeluti olahraga rekreasi yang menyehatkan ini. “Saya hampir tak pernah merasa ada duka selama menekuni senam aerobik ini,” ujar atlet DKI yang turun pertama kali pada PON tahun 2000 lalu.

Hingga saat ini kiprah sang master terus berlanjut. Hasilnya pemerintah telah mengapresiasinya dengan menjadinya ASN pelatih di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI). “Bagi saya menjalani profesi sebagai pesenam aerobik adalah masa paling menyenangkan,” kata dia.

Ia tak pernah berhenti dan terus berupaya berbagi pengalaman untuk lebih mengenalkan senam aerobik ke semua kalangan masyarakat Indonesia dengan menjadi pelatih nasional senam aerobik.

Senam aerobik sendiri bisa diartikan, serangkaian gerakan yang dilakukan beriringan dengan irama musik dalam durasi waktu tertentu. Secara umum, senam aerobik adalah olahraga yang bisa meningkatkan fungsi jantung dan pernapasan. Jadi, senam aerobik sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung, otak, paru-paru, tubuh, dan pikiran kita. Senam aerobik juga bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Hal-hal di atas yang membuat senam aerobik banyak digemari dari berbagai kalangan.

Lody berharap, kegiatan senam ini bisa bermanfaat bagi masyarakat secara luas. “Saya salut dan bangga. Senam benar-benar sangat bermanfaat, apalagi ditengah situasi pandemi. Mari kita tetap berolahraga dan patuhi protokol kesehatan. Sehat selalu semuanya,” jelasnya.(*)

sumber: Kemenpora RI

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Mengenang Permainan Olahraga Tradisional Indonesia

Inggris Berlakukan Lockdown, Garuda Select Jaga Spirit dan Kondisi