in ,

Hasil MotoGP Styria 2020: Kejutan, Miguel Olivieira Pembalap Portugal Pertama Menangi MotoGP

Austria, bolabeten – Pembalap KTM Tech3, Miguel Oliveira, berhasil menjadi pemenang pada balapan MotoGP Styria 2020. Ini merupakan sejarah baru, menjadi pembalap pertama Portugal kelas premier motoGP sepanjang sejarah.

Cuaca cerah mengiringi balapan pada seri kelima MotoGP 2020 di Sirkuit Red Bull, Spielberg, Austria, Minggu (23/8) WIB. Kesuksesan Miguel Oliveira meraih menjadi pemenang ini membuatnya memecahkan rekor perdana memenangi premier kelas MotoGP dalam kariernya.

Adapun keberhasilan pembalap Portugal itu terjadi ketika berhasil melakukan overtake Pol Espargaro dan Jack Miller pada tikungan terakhir sebelum finis Jack Miller kemudian menempati posisi podium kedua dan diikuti Pol Espargaro ditempat ketiga.

Selama balapan berlangsung, bendera merah sempat berkibar lantaran Maverick Vinales mengalami kecelakaan tunggal di tikungan pertama pada lap ke-16. Disamping itu, kesuksesan Oliveira menjadi pemenang ini juga menghancurkan rekor Ducati yang merajai Sirkuit Red Bull sejak 2016.

Sesi balapan dimulai dengan 22 pembalap bersaing untuk merebutkan posisi pertama. Saat balapan dimulai, Pol Espargaro yang meraih pole position gagal mempertahankan posisinya. Dia disalip oleh Joan Mir dan kemudian Jack Miller menjadi pemimpin pertandingan.

Saat menyisakkan 26 putaran, Jack Miller berhasil memimpin jalannya pertandingan. Sementara itu Valentino Rossi yang memulai balapan dari posisi ke-14 berhasil melaju ke posisi ke-9.

Balapan tetap berlangsung sengit, terutama bagi Takaaki Nakagami dan Joan Mir. Kedua pembalap tersebut saling bertanding untuk merebutkan tempat kedua. Akan tetapi, Joan Mir justru berhasil menyalip Jack Miller yang berdiri di depannya. Joan Mir kini menempati posisi pertama saat balapan menyisakkan 21 lap lagi.

Sisa 18 lap lagi, perubahan signifikan pembalap belum terjadi sepenuhnya. Joan Mir masih memimpin balapan dan diikuti Jack Miller serta Takaaki Nakagami di tempat kedua dan ketiga.

Selanjutnya Pol Espargaro ada di posisi keempat dan dibelakangnya ada Alex Rins. Kepemimpinan Joan Mir masih belum melebarkan jauh dari Jack Miller dan Takaaki Nakagami karena masih mempunyai selisih waktu 1 detik saat lap ke-15.

Saat menyisakkan lap ke-14, Joan Mir melebarkan jarak 1 detik dari posisi kedua. Adapun Takaaki Nakagami dan Jack Miller saling susul menyusul. Kemenangan tempat kedua diraih Takaaki Nakagami. Persaingan untuk merebutkan tempat keempat juga berlangsung sengit dan terjadi antara Pol Espargaro dan Alex Rins.

Pada pertandingan ini, bendera merah kemudian berkibar setelah Maverick Vinales mengalami kecelakaan tunggal pada tikungan pertama. Balapan kemudian dihentikan sementara dan beruntung bagi Maverick Vinales karena tidak terluka parah sambil melihat motornya terbakar di area gravel.

Dalam tayangan ulang, Vinales menjatuhkan dirinya dalam kecepatan 230 km/jam dan belum diketahui penyebabnya. Namun melalui dugaan Crash, mengatakan apabila pembalap Spanyol itu memiliki masalah dengan pengeremannya yang rusak.

Balapan selanjutnya akan dilanjutkan dengan posisi terakhir saat race berlangsung dimulai dan menyisakkan 12 putaran lagi. Saat balapan menyisakkan 12 lap lagi, persaingan langsung ketat dengan diikuti oleh 21 pembalap yang masih bertahan.

Joan Mir langsung melaju kencang dan bersaing dengan Jack Miller untuk merebutkan posisi pertama. Menyisakkan 9 putaran, Jack Miller masih memimpin dengan melebarkan jarak dengan Joan Mir belum ada satu detik.

Dibelakangnya ada Pol Espargaro ditempat ketiga, Miguel Oliviera di posisi keempat, dan Andrea Dovizioso di tempat kelima. Kejutan terjadi, Joan Mir merosot dan berhasil disalip Pol Espargaro untuk merebut tempat kedua pada sisa 8 lap lagi.

Persaingan kemudian kian ketat saat Jack Miller ditempel oleh Pol Espargaro dan Miguel Oliviera karena Joan Mir terlempar ke posisi keempat. Jack Miller, Pol Espargaro, Miguel Oliviera, dan Joan Mir masih saling berdekatan untuk bersaing di tempat pertama.

Dan benar saja, Pol Espargaro sukses menyalip Jack Miller untuk merebut tempat pertama saat menyisakkan 5 lap lagi. Sedangkan Andrea Dovizioso menyalip Joan Mir untuk menempati posisi keempat.

Sisa 3 lap lagi, Pol Espargaro masih memimpin balapan dan diikuti Jack Miller di posisi kedua dan Miguel Oliviera di tempat ketiga. Persaingan untuk merebutkan posisi pertama kemudian hanya diikuti oleh Pol Espargaro, Jack Miller, dan Miguel Oliviera.

Sisa lap terakhir, Pol Espargaro tergelincir dan disalip oleh Jack Miller. Akan tetapi kejutan terjadi saat lap terakhir karena Jack Miller dan Pol Espargaro bersaing, Miguel Oliviera muncul sebagai pemenang.

Berikut hasil MotoGP Styria 2020:
01. Miguel Oliveira (KTM Tech3)
02. Jack Miller (Pramac Ducati)
03. Pol Espargaro (Red Bull KTM)
04. Joan Mir (Suzuki Ecstar)
05. Andrea Dovizioso (Ducati Corse)
06. Alex Rins (Suzuki Ecstar)
07. Takaaki Nakagami (LCR Honda)
08. Brad Binder (Red Bull KTM)
09. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha)
10. Iker Lecuona (KTM Tech3).(*)

Sumber: bolasport.com

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

25 pemain akan berlatih di Kroasia, Anak Aie Tajun, Lubuk Alung bersaing ketat di “Training Center” Timnas U-19

Kejar Prestasi di Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia, PSSI silahturahmi dengan “The Legends of World Cup Junior” Jepang 1979 dan kawan-kawan