in ,

Timnas U-16 Ingin Tiru Timnas U-19 Yang Menggelar TC Virtual

PSSI

Pelatih Timnas U-16 Bima Sakti/foto : pssi org

Jakarta, bolabeten – Belum berakhirnya pandemi Covid-19 di tanah air, membuat Timnas U16 Indonesia yang akan tampil di Piala Asia U-16, pada September 2020 mendatang, juga tidak bisa menggelar latihan terbuka.

Karena itu, Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti Tukiman, coba memikirkan rencana lain untuk memulai TC (pemusatan latihan) bagi timnya. Ia berencana meniru langkah Timnas U-19 yang berlatih secara virtual sejak pekan lalu.

“Saya memikirkan untuk juga melakukan TC virtual. Tapi masih kami pikirkan. Selama ini kami masih latihan lewat aplikasi saja. Ya, tentu untuk menjaga kondisi saja,” kata Bima.

Diungkapkan oleh Bima, bahwa selama ini, latihan yang diberikan untuk anak-anak asuhnya dirumah, diberikan oleh pelatih fisik saja. Semata-mata hanya untuk menjaga fisik mereka agar tetap baik.

“Jadi belum masuk program pasti. Selama ini dari pelatih fisik kita saja, dan saya pikir jika TC virtual nanti digelar, menu latihannya juga dari pelatih fisik ditambah materi lain dari saya dan staf pelatih lainnya. Sementara timnas U-19 langsung dari coach Shin Tae-yong,” Bima menambahkan.

Bima pun berharap pandemi virus corona yang melanda tanah air segera berakhir. Dia ingin kembali beraktivitas normal dan dapat memantau langsung kegiatan para pemain timnas Indonesia U-16. “Ya, semoga saja cepat selesai. Kami sudah tidak sabar untuk segera berlatih bersama lagi secara tim,” ujarnya.

“Sekarang kami sudah melakukan persiapan dengan baik. Kami terus menjaga kekompakan pemain dengan menggelar pemusatan latihan nasional setiap bulan (sekarang beralih ke latihan virtual dulu). Mudah-mudahan kami bisa mendapatkan hasil yang terbaik,” ujar Bima.

Optimisme senada meluncur dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Beberapa agenda mereka masih sesuai rencana. Piala Asia U-16 dan U-19 2020 belum ada perubahan. Tetap dijadwalkan bergulir pada Oktober.

Bahkan, AFC mengagendakan pengundian grup Piala Asia U-16 dan U-19 2020 pada 18 Juni. Pengundian akan dilakukan di markas AFC, Kuala Lumpur, masing pada pukul 14:30 dan 16:30 waktu setempat.

Timnas U-16 lolos ke putaran final setelah merebut satu dari empat tiket runner-up terbaik. Indonesia finis di peringkat kedua Grup G di bawah China dalam kualifikasi yang digelar di Stadion Madya, Senayan, pada September 2019.

Piala Asia U-16 rencananya digelar 16 September sampai 3 Oktober 2020 di Bahrain. Selain Indonesia dan tuan rumah Bahrain, 14 negara peserta lainnya ialah Jepang, Tajikistan, Korea Selatan, Australia, Korea Utara, Oman, India, Iran, Yaman, Arab Saudi, China, Uzbekistan, Qatar, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Piala Asia U-16 ini sekaligus menjadi kualifikasi menuju Piala Dunia U-17 2021 di Peru, di mana semifinalis akan menggenggam tiket ke putaran final.

Sebanyak 15 negara ikut serta dalam pengundian. Indonesia berada di pot 2 bersama Korea Utara, Australia, dan India. Sementara Bahrain tak turut diundi karena bertindak sebagai tuan rumah—langsung mengisi Grup A.

Sementara itu, Piala Asia U-19 2020 dijadwalkan bergulir pada 14 hingga 31 Oktober di Uzbekistan. (*)

sumber : pssi org

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Termasuk Pemain Semen Padang FC, 44 Pemain Proyeksi Timnas U-19 Lakoni Pemusatan Latihan di Malam Hari

Ketua Umum PSSI “mengadu” Soal Piala Dunia U-20, Timnas Indonesia dan Kompetisi ke Menpora RI