in ,

Tidak Ingin hanya Berkiprah di Tarkam, Kopi Mos FC Merajut Hasrat Berkompetisi di Liga 3

Penulis: Rizal Marajo

Matur, bolabeten – Mendengar nama klub sepakbola bernama Kopi Mos FC,  terdengar cukup unik. Terasa seperti nama sebuah merek produk kopi. Tidak salah memang, klub ini memang milik sebuah usaha bubuk kopi asli.

Sepertinya klub ini memang dijadikan semacam alat promo usaha bubuk kopi yang dimiliki oleh pria setengah baya bernama Vespami, yang beralamat di Simp. Kapeh Jorong Banda Gadang Nagari Matua Hilia Kec.Matur, Kabupaten Agam.

Sedikit tentang bubuk kopi mos, Vespami atau yang akrab disapa Abak ini sudah merintisnya sejak tahun 1988, merupakan usaha turun temurun dari keluarga besar Lapau Mos. Sekarang produk ini sudah dipasarkan ke berbagai daerah di Indonesia, bahkan sudah menembus negara Tetangga Malaysia.

Putra Sulung abak dan Erismawati yang bernama Rivalwan, ternyata punya kecintaan pada sepakbola. Si sulung ini mendirikan klub sepakbola sesuai nama brand usaha keluarga mereka, Kopi Mos FC, pada 06 Agustus 2020.

Dalam mendirikan dan mengelola klub, Rivalwan dibantu oleh adik kandungnya Irdafrion dan teman-teman sesama pegiat bola di Matur, Rizkia Rahmat, Haris Pratama, dan Rahmatul Amin.

Moment berdirinya klub ini ditandai dengan pertandingan pertama melawan HIPPAS Ateh Ngarai Bukittinggi, yang pemainnya adalah pemain dari berbagai daerah di Kabupaten Agam.

Keluarga Vespami, pemilik klub Kopi Mos FC

Sejak saat itu Kopi Mos FC mulai aktif menggelar uji coba di berbagai daerah di Sumatera Barat. Bahkan, mulai ikut di berbagai turnamen lokal atau tarkam. Disinilah nama Kopi Mos FC langsung menarik perhatian, walau berstatus klub baru.

“Pemain-pemain kita  datang dari berbagai dareah di Sumbar. Awalnya bagi saya, sepakbola adalah ajang silaturahmi, dimana dengan sepakbola kita pererat tali silaturahmi antar pecinta si kulit bundar. Karena saya memang pecinta sepakbola, itu saja motivasinya.”ujar Rivalwan, dalam perbincangan dengan bolabetan.com.

Salah satu daya tarik Kopi Mos FC tentu materi pemain yang berkelas untuk ukuran Sumbar. Bahkan Kopi Mos FC diperkuat pemain-pemain yang sudah punya nama di kompetisi nasional.

Vendry Mofu, eks Semen Padang yang pernah berkostum Kopi Mos FC

Diantara pemain yang pernah mmperkuat Kopi Mos FC: Vendry Mofu, Rosad Setiawan (Semen Padang FC), Usman diarra dan Yogi Septiawan (Ex Persikota Tangerang), M. Azri (Ex Bhayangkara U-19), M. Reza Fuazan (Persija U-20), M. Havidz Fauzan Muzaki (Ex PSIS Semarang U20), Dadang Tri Sismon (Ex Tiga Naga), dan banyak lagi.

Dari beberapa turnamen yang diikuti, Kopi Mos FC mulai memperlihatkan hasil-hasil yang menggembirakan.  Bulan lalu, mereka juara turnamen antar klub se- Sumbar TFC Cup di Nagari Tigo Jangko, Lintau.

Saat ini, Kopi Mos juga sedang berpartisipasi di dua turnamen, yaitu Open turnamen sepakbola PS. Tigo Sapilin Cup V 2021 di Lapangan sepakbola Padang Puah Ulakan Kec. Ulakan Tapakih Kab. Padang Pariaman.

Di Turnamen ini, Kopi Mos FC berhasil lolos ke semifinal, dan akan memainkan pertandingan semifinal itu, Sabtu (26/3) melawan tim KL Sungai Laban Padang Pariaman. Sebelumnya Kopi Mos menang 3-0 atas Garuda FC Jakola Tanah Datar dan mengalahkan BBC Batuang Taba Kota Padang 4-3.

Selain itu, Kopi Mos juga berlaga di Turnamen sepakbola Nagari Taluk FC III 2021 Lapangan sepakbola Simpang Kulit Manis Taluk Kec. Lintau Buo Kab. Tanah Datar.

Dalam turnamen antar klub Sumbar-Riau ini, Kopi Mos juga sudah melaju ke babak 8 besar, dan akan bertarung melawan klub top Talawi Putra FC Sawahlunto, Minggu (27/3). Sebelumnya di babak 16 besar, Kopi Mos menang telak 3-0 atas Balito FC Tanah Datar.

Dengan agenda yang super padat itu, Rivalwan mengaku harus jeli mengatur tim, karena jarak pertandingan yang hanya berselang sehari.”Disitulah tantangannya mengurus bola, harus cermat dan jeli, termasuk harus membagi dua tim.”ujarnya.

Diakui Rival mendirikan klub Kopi Mos FC, memang tak selalu berjalan mulus. Banyak kendala dan jalan terjal yang harus dilewati. “Pro dan kontra selalu ada, tapi karena kekompakan semua elemen tim dan kita tulus berbuat untuk sepakbola, Alhamdulillah Kopi Mos FC masih bisa terus berkiprah di sepakbola Sumbar.”beber Rival bersemangat.

Rivalwan, yang Sekarang sedang menempuh Pendidikan S2 Jurusan Pendidikan Olahraga di FIK-UNP, juga berbicara tentang misi klub ke depan. Manajer muda ini ternyata punya obsesi dan impian tersendiri. Dia ingin, klub ini tak hanya sekadar bertualang dari satu tarkam ke tarkam lain di Sumbar.

“Kami berharap suatu saat Kopi Mos FC bukan hanya sekedar meramaikan tarkam atau turnamen, tapi bisa berkompetisi di kompetisi resmi PSSI. wadahnya untuk impian tersebut tentu Liga 3 Indonesia.”ucap Rival yang juga merangkap sebagai pelatih.

Memang tak mudah, karena untuk mengharungi sebuah kompetisi resmi, perlu persiapan yang matang dalam segala hal, terutama untuk sisi finansial yang sangat vital.

“Intinya kita memang butuh sponsor dulu untuk bertarung di sebuah kompetisi resmi. Kami tetap berharap dukungan banyak pihak untuk klub ini, setidaknya inilah usaha kami untuk lebih membuat sepakbola di Agam khususnya lebih berwarna dan bergairah.”tutup Rival.

Profile Klub
Nama Lengkap: Kopi Mos FC
Berdiri: 06 Agustus 2020
Presiden: Vespami
Manajer/Pelatih: Rivalwan
Alamat: Simp. Kapeh Jorong Banda Gadang Nagari Matua Hilia Kec.Matur, Kabupaten Agam.

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Hasil Piala Menpora: Arema FC Bertekuk Lutut di Hadapan Barito Putera

Vendry Mofu antar KBPKL ke Semi Final FOKAN Sumbar Cup I U23 tahun plus