in ,

Test Fisik Pemain Timnas Indonesia U-16 Gunakan Sport Science

PSSI

Test Fisik Pemain Timnas U-16 dengan Sport Science/Foto: Media PSSI

Jakarta, bolabetenSport science digunakan oleh Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti untuk melihat kekurangan anak asuhnya dari segi strength, postural, movement, power di pemusatan latihan (TC) di Sleman, Yogyakarta.

Ia mengatakan sport science digunakannya untuk mengetahui kondisi fisik dari para pemainnya. “Dengan test ini saya dan tim pelatih jadi mengetahui sejauh mana kondisi fisik pemain, dan saya harapkan nanti hasilnya semua baik, pemain melakukannya dengan tertib, dan semua pemain turut ikut menjalani test fisik ini,” jelas Bima, Selasa (8/12/2020).

Ada beberapa komponen test yang dilakukan yaitu, Tes komposisi tubuh (persentase lemak tubuh, massa otot, dll), Tes kekuatan eksentrik otot hamstring (nordbord test), Tes power + vertical jump dengan force plate, Tes kekuatan otot isometric hip abductor-adductor dengan force frame, 3D Movement analysis dengan humantrack system.

Menurut pandangan Bima, test ini bertujuan untuk mengurangi resiko cedera dan melihat kekurangan pemain sepakbola dari segi strength, postural, movement, power.

“Sehingga nantinya bisa mempermudah fisioterapis dan pelatih fisik untuk membuat program pencegahan cedera serta peningkatan kemampuan dari si pemain itu sendiri,” kata dia.

Test ini sendiri dilakukan oleh team ahli KINETICX dari Surabaya yang bekerjasama dengan VALD PERFORMANCE yang merupakan sport science technology dari Australia.

“Terima kasih kepada PSSI, KINETICX, dan VALD PERFORMANCE dimana mereka sudah membantu tim kami,” tutup Bima (pssi org)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Kemenpora RI Apresiasi Progres Renovasi Stadion Sriwedari dan Manahan

Terlibat di Football Camp, Jacksen F Thiago: Pintar Main Bola, Pemain Muda Harus Cerdas di Sekolah