in ,

Soccer Traveller Laris Manis, Hardimen Koto Siapkan Buku Kedua

Padang, bolabeten – Buku perjalanan jurnalistik sepakbola Hardimen Koto, yang menjelajahi berbagai negara, mendapat sambutan hangat dari para penikmat sepakbola tanah air, termasuk para jurnalis olahraga negeri ini.

Buku bertajuk The Soccer Traveller, setebal 114 halaman, full colour, lay out apik dan artistik itu, kontan membuat geger media sosial. Mereka yang telah membeli dan membaca buku itu, spontan memberikan testimoni-nya.

“Waah ini seharusnya penikmat sepakbola punya dan baca buku ini. Kisah perjalanan Soccer Traveller beken, yang keliling dunia. Over all; Bagus buanget, design keren!! Pas sich sebagai Traveller and Hobby sekalian Duty.”tulis pengamat sepakbola Sumbar, yang juga mantan manajer tim Semen Padang FC, Heryandi Djahir.

“Yang paling nancep dihati dan berkesan ada penggalan kalimat: Klub yg baik tentu saja yang well design, Well management, dgn SDM yg punya passion ekstra untuk industri spkbola dan menuju klub yg marketable. Tentunya berani berbuat apa, sehingga menjadi profit-maker.”lanjutnya.

“Baru saja kuterima buku keren dari Bang @hardimenkot. Buku perjalanan spiritual jurnalistik yang pasti menarik. Tidak banyak wartawan olahraga yang memiliki kapasitas dan keleluasaan liputan seperti ini.”ujar Sanjoto Suhartono dari Ciamis.

“Penutur paling bersahaja.Kalau ndak percaya, baca saja buku ini: The Soccer Traveller. Hati dan jantung sudah disewai dari lembar pertama. Darah tersirap mengikuti irama kata. Raga serasa ikut serta dalam semua peristiwa dan kota demi kota yang disambanginya.”tulis Dino Sutan Kerajaan.

“Dengan gaya bahasa khasnya yang penuh gairah, Bang Hardimen seperti membawa kita ikut serta mengejar Ali Daei hingga Beirut; menjadi saksi awal bergulirnya J.League atau gol bersejarah Widodo C Putro; kepanikan tim Brasil sebelum final Piala Dunia 1998; sampai ke Costa Brava yang menghadirkan pesta bola tak kalah seru dari Barcelona.”bunyi testimony Agung Harsya, wartawan olahraga dari goal.com Indonesia.

Taufik Chavifudin dari Kediri tak ketinggalan memberikan apresiasinya, dan menyebut Buku Soccer Traveller ini sangat enak dibaca. Pemilihan kata dan penyusunan kalimat sangat lincah.

“Sulit membantah bahwa Bang Hardimen Koto, penulis buku ini, adalah penulis yang lihai dengan pemahaman dan citarasa dalam menelusuri langsung jejak sejarah dari pusat histeria para pemuja sepakbola.Buku ini terlalu indah untuk diabaikan, sebab ditulis dan direkam dari banyak kisah, relasi tanda, identitas, gaya, dan berbagai kenikmatan yang ditimbulkan oleh sepak bola.”tulisnya.

Banyak lagi testimony dari mereka yang sudah membaca buku ini, semuanya seperti sepakat, bahwa Soccer Traveller-nya HK adalah salah satu monumen karya seorang jurnalis olahraga handal  Indonesia.

Hardemen bersyukur, bukunya mendapat sambutan hangat. Dia menyebut, bisa berkarya di era pandemi, adalah sebuah kepuasan dan sebuah perjuangan yang berat. Dia berharap bukunya bisa menjadi inspirasi bagi orang lain, terutama para penikmat bola, jurnalis muda, dan penghobi soccer traveller.

“Sebenarnya saya bikin dengan modal nekad saja, sendirian menulis dan menyeleksi foto sendiri. Tapi Alhamdulillah bisa selesai, dan bisa dibaca oleh banyak orang.”katanya, kepada bolabeten, Senin.

“Sampai saat ini permintaan masih banyak, bahkan juga dari Indonesia Timur. Mereka ada yang beli dua atau tiga buku. Terima kasih untuk segala atensinya, semoga bermanfaat.”ujarnya.

Walau begitu Hardimen belum merasa puas, bahkan dia sudah berencana akan mengeluarkan buku keduanya. Dia berharap, April mendatang buku kedua itu bisa terwujud.

“Masih banyak perjalanan lintas benua yang belum yang saya tulis di buku perdana ini. Mudah-mudahan bisa diceritakan di buku berikutnya, mohon doa dan dukungannya.”tutup pria yang akrab disapa HK ini.

Jika Anda berminat dan penasaran dengan buku keren ini. bisa pesan disini:
Beli Hardimen Koto, The Soccer Travellerhttps://tokopedia.link/NM8PQWhPxdb di toko TheWinners Rp160.000 di Tokopedia dengan Bebas Ongkir, Sekarang!(*)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Jangan lewatkan, Jadwal Liga Champions 16 dan 17 Februari 2021

Didukung Bupati Padang Pariaman Terpilih Suhatri Bur, Batang Anai FC Siapkan Tim Liga 3 2021