in , ,

Shin Tae-Yong Mulai “Kejam”, Pemain dari Spanyol Hingga Top Scorer Timnas U-19 Indonesia Dicoret

Jakarta, bolabeten – Pelatih timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong, sudah mengumumkan 30 pemain yang akan dibawa untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di Kroasia pada akhir Agustus 2020. Sebelum bertolak ke Kroasia, Shin Tae-yong mencoret 11 pemain timnas U-19 Indonesia.

Pencoretan pemain yang sudah dua tahap itu, memperlihatkan karakter “kejam” dan tegas Shin Tae-yong dalam menentukan pemainnya. Dia tak mau kompromi dengan pilihannya yang dianggap terbaik dan bisa berkontribusi untuk tim.

Sebelumnya juga sudah mencoret 11 pemain timnas U-19 Indonesia terlebih dahulu ketika skuad Garuda Muda diisi oleh 46 nama. Pencoretan itu dilakukan Shin Tae-yong setelah tiga hari timnas U-19 Indonesia menggelar TC di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat, sejak 7 Agustus 2020. Pencoretan itu membuat skuad timnas U-19 Indonesia tersisa 35 nama.

Bek timnas U-19 Indonesia, Elkan Baggott terpaksa harus kembali ke klubnya asal Inggris, Ipswich Town U-18, pada 8 Agustus 2020. Walhasil Shin Tae-yong memanggil satu nama pemain keturunan yakni Jack Brown.Total ada 36 pemain yang mengikuti sesi latihan bersama Shin Tae-yong.

Hingga akhirnya Shin Tae-yong mengumumkan 30 pemain yang dibawanya ke Kroasia untuk TC dan sekaligus mengikuti turnamen melawan Arab Saudi, Bulgaria, dan tentu tuan rumah Kroasia. Ternyata sebenarnya Shin Tae-yong tak mencoret enam pemain sebelum bertolak ke Kroasia. Juru taktik berusia 51 tahun itu mencoret 11 pemain.

Daftar pemain yang dicoret Shin Tae-yong cukup mengejutkan publik sepak bola nasional. Shin Tae-yong berani mencoret top scorer timnas U-19 Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020, Fajar Fatturachman. Pace sapaan akrabnya harus tersingkir dari persaingan timnas U-19 Indonesia.

Mantan pelatih timnas U-19 Indonesia, Fakhri Husaini, memberikan pesan kepada Pace untuk tetap semangat. Sejatinya Pace merupakan pemain yang bisa bermain sebagai penyerang sayap dan bek sayap. Pace juga salah satu pemain yang mengikuti program Garuda Select ke Eropa jilid pertama dan kedua.

Selain Pace, Shin Tae-yong juga tidak mengikutsertakan dua kiper timnas U-19 Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020. Mereka adalah Ernando Ari Sutaryadi dan Risky Muhammad Sudirman. Diketahui, kedua kiper itu tengah mengalami cedera sehingga tak bisa ikuti TC ke Kroasia.

Masih ada dua pemain timnas U-19 Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 yang didepak Shin Tae-yong, yakni Thefillo Numberi Da Costa dan Alfreandra Dewangga Santosa. Shin Tae-yong juga mencoret Syukron Arabia yang sempat berkarier di Leganes U-16.

Mantan pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu hanya membawa dua pemain keturunan ke Kroasia yakni Jack Brown dan Elkan Baggott. Setelah dari Kroasia, timnas U-19 Indonesia langsung bertolak ke Uzbekistan untuk tampil di Piala Asia U-19 2020.

Tergabung ke dalam Grup A bersama Uzbekistan, Iran, dan Kamboja, turnamen itu akan digelar pada 14-31 Oktober 2020.

11 pemain timnas U-19 Indonesia pertama yang dicoret Shin Tae-yong
1. Sutan Diego Zico (Persia Jakarta)
2. Hamsa Medari Lestaluhu (Bhayangkara FC)
3. Kartika Vedhayanto Putra (PSIS Semarang)
4. Muhamad Rifaldo Lestaluhu (Mitra Kukar)
5. Muhammad Darmawan (PPLP DKI)
6. Arya Putra Gerryan S. (Borneo FC)
7. Figo Sapta Fahrezi (Persija Jakarta)
8. Miftahul Husyen (Bhayangkara FC)
9. Deka Muhammad Toha (ASAD 313)
10. Mahmud Cahyono (PPLP DKI Jakarta)
11. Alif Jaelani (Barito Putera)

11 pemain timnas U-19 Indonesia kedua yang dicoret Shin Tae-yong
1. Muhammad Fajar Fathur Rachman – ASAD 313
2. I Kadek Dimas Satria Adiputra – Bali United
3. Liba Valentino Imwahyusy – Bhayangkara FC
4. Fadilah Nur Rahman – Diklat Ragunan
5. Ernando Ari Sutaryadi – Persebaya
6. Risky Muhammad Sudirman – Persija Jakarta
7. Theofillo Numberi Da Costa – Persipura
8. Harberd Akhova Sokoy – PPLP Papua
9. Pratama Arhan Alif Rifai – PSIS Semarang
10. Alfeandra Dewangga Santosa – PSIS Semarang
11. Syukron Arabia – Leganes U-16.(*)

Sumber: bolasport.com

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Kick-Off belum dimulai, Sriwijaya FC “claim” lepas Dua Pemainnya

“Conference” dengan PT. LIB, Asosiasi Pemain Profesional Indonesia tanyai detail Protokoler Covid-19 di Lanjutan Kompetisi