in ,

Saat Physical Distancing, Masker, dan Salam Siku Hadir di Laga Bundesliga

Dortmund, prokabar– Bagaimana menggelar pertandingan sepak bola kelas dunia di tengah pandemi corona? Jerman telah menunjukkannya pada hari ini dengan sukses saat kompetisi Bundesliga kembali bergulir setelah sempat terhenti akibat wabah Covid-19. Lima dari enam pertandingan yang dijadwalkan Sabtu (16/5) berakhir dengan lancar.

Tentu saja, ada hal-hal tak biasa yang sebelumnya tak pernah kita lihat saat dunia dalam kondisi normal. Semua hal-hal ‘unik’ tersebut adalah bagian dari protokol kesehatan yang diterapkan Bundesliga untuk mencegah pemain atau staf tim terkena infeksi virus mematikan tersebut.

Dari laga Borussia Dortmund vs Schalke di Signal Iduna Park misalnya, kita melihat tribun yang kosong melompong. Oke, kita pernah menengok ini dalam beberapa laga sebelum sepak bola di Eropa berhenti pada Maret. Tapi, pernahkah kita menyaksikan sejumlah personel tim mengenakan masker saat memasuki lapangan? Itulah yang terlihat di markas Dortmund.

Pelatih Dortmund Lucien Favre dan arsitek tim Schalke David Wagner memang tak mengenakan masker saat laga berlangsung. Ini diperbolehkan agar mereka bisa memberikan instruksi. Tetapi para pemain cadangan memakai masker di wajah mereka saat duduk menyaksikan laga. Sebagian pemain Schalke bahkan harus duduk di bangku penonton demi mematuhi aturan menjaga jarak di bangku cadangan.

Empat gol tercipta pada laga ini. Semuanya dicetak oleh pemain Dortmund. Ada selebrasi setelah jala gawang Schalke bergetar. Tapi berbeda dari biasanya, tidak ada pelukan atau tos antarpemain Dortmund. Mereka mengekspresikan kegembiraan seperti biasa, hanya tak ada satu pun rekan yang merapat memberikan pelukan.

Seusai gol, hanya ada beberapa yang mengikuti sang penjebol gawang lawan, itu pun tetap menjaga jarak. Contohnya seperti saat Erling Haaland membuka skor pada menit ke-28. Ia berselebrasi mengangkat tangan kemudian berlari ke sudut lapangan. Beberapa rekannya mengikuti, tapi tak ada yang merapat. Masing-masing berdiri berjarak mengarah ke Haaland dengan ekspresi semringah.

Atau saat Thorgan Hazard mencetak gol ketiga Dortmund. Ia merayakan gol itu dengan salam siku bersama rekannya Julian Brandt. Keduanya tak bersentuhan, hanya tertawa semringah dengan jarak sekitar 1,5 meter, sambil mengangkat siku ke dada.

Larangan berpelukan merupakan bagian dari protokol kesehatan yang diterapkan Bundesliga. Termasuk ketika terjadi pergantian pemain. Salam siku digunakan, bersentuhan ataupun berjarak, antara pemain yang ditarik maupun yang masuk ke lapangan.

Aturan pgysical distancing serta memakai masker tak cuma berlaku kepada pemain dan staf tim. Pekerja lapangan juga wajib menjaga jarak dan mengenakan masker. Termasuk juga sejumlah wartawan yang bertugas.

Tribun media yang biasanya penuh dibatasi aksesnya. Para wartawan pun dipisahkan jarak sekitar 1,5 sampai 2 meter. Semuanya wajib mengenakan masker. Tak terkecuali para kameramen yang merekam setiap momen di lapangan.

Awalnya mungkin ganjil. Tapi jika dengan ini sepak bola bisa kembali hadir di layar kaca, rasanya tak banyak yang keberatan.(*)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Football is Back!,  Bundesliga Resmi Bergulir Lagi Malam Ini, Dortmund Pesta Gol ke Gawang Schalke

RUPS LB PT. Liga Indonesia Baru Agendakan Enam Poin Pokok Pembahasan