in ,

Piala Menpora Dinodai Tindakan Rasial, Patrich Wanggai: Saya Tetap Papua!

Komentar rasial itu ditujukan kepada penyerang PSM Makassar asal Papua, Patrich Wanggai.

Patrich Wanggai, pemain PSM Makassar yang jadi korban rasial. (foto: kemenpora)

Malang, bolabeten – Piala Menpora ternoda tindakan rasial pendukung Persija Jakarta di Sosial Media. Komentar rasial itu ditujukan kepada penyerang PSM Makassar asal Papua, Patrich Wanggai.

Namun, Patrich menanggapi dingin komentar rasial yang ditujukan kepadanya di media sosial usai membawa tim Juku Eja menang 2-0 atas Persija Jakarta dalam laga perdana Grup B Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan Malang, Senin (22/3).

“Hitam kulit keriting rambut sa [saya] Papua. Biar langit terbelah, saya tetap Papua. #identitas,” tulis Wanggai di story instagram @wanggaipatrich.

Pemain kelahiran Nabire, Papua, 27 Juni 1988, itu mendapat serangan rasial di akun instagramnya usai mengantarkan PSM menang 2-0 atas Persija Jakarta. Patrich mencetak satu gol ke gawang Persija.

Patrich membawa PSM unggul pada menit ke-45. Tembakan kaki kiri Patrich gagal dibendung bek anyar Persija Yan Motta sehingga bola meluncur deras ke pojok kanan gawang yang tak sanggup diantisipasi kiper Macan Kemayoran, Andritany Ardhiyasa.

Sementara gol kedua PSM kembali dicatatkan pemain asal Papua, Yakob Sayuri di menit ke-67. Yakob memanfaatkan blunder bek Persija Jakarta, Yann Motta.

Banyak pihak memberi mendukung Patrich setelah menjadi korban tindakan rasial. Tak terkecuali gelandang Persija Marc Klok yang mengutuk aksi rasialisme tersebut.

“Menjijikkan dengan apa yang dialami Patrich Wanggai di media sosial. Saya menentang rasisme. Tidak masalah jika Anda pemain PSM atau Persija. Siapa pun itu tidak boleh menjadi bagian dalam permainan ini [sepak bola]. Sesuatu perlu diubah dan perlu diubah Sekarang!” tulis Marc Klok di akun Twitter-nya.

Klub Persija Jakarta juga memberikan dukungan terhadap Patrich lewat cuitan di akun twitternya.

“Apapun alasannya, segala bentuk rasisme dan diskriminasi tidak punya tempat dalam sepak bola,” tulis Persija di akun twitternya. Manajemen PSM telah melaporkan kasus rasial ini kepada PSSI.(*)

Sumber: CNN Indonesia

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Bintang Futsal Ranah Minang Ini Mulai Lirik Dunia Kepelatihan

Hasil Piala Menpora: Persebaya 2-1 Persik, Tiga Gol Tercipta Melalui Titik Penalti