in ,

Persija ke Piala AFC 2021, Persipura Protes PSSI

Sepakbola Nasional

Logo AFC/Foto: the AFC com

Jayapura, bolabeten – Keputusan PSSI yang menunjuk Persija Jakarta sebagai wakil Indonesia ke Piala AFC 2021 melalui rapat Exco pada Rabu (16/12/2020) diprotes Persipura Jayapura.

Kubu Persipura menyebutkan Exco (Komite Eksekutif) PSSI tidak mematuhi aturan di buku manual klub yang berkompetisi di Piala AFC pasal 9 tentang tentang Sporting Criteria. Di mana, prioritas pertama juara kompetisi (Liga 1), kemudian juara Piala Domestik (Piala Indonesia), runner-up Liga 1, posisi tiga Liga 1.

Merunut hasil kompetisi PSSI Liga 1 2019, diketahui juara 1 Bali United FC. Juara Piala Indonesia PSM Makassar, Runner-up Liga 1 2019 Persebaya Surabaya dan peringkat ketiga Persipura Jayapura.

Dengan begitu, semestinya Bali United dan PSM Makassar (juara Piala Indonesia) yang ke Piala AFC. Tetapi PSM batal karena tidak mengantongi syarat lisensi klub AFC. Begitu pula, Persebaya Surabaya, runner-up Liga 1 2019.

Persipura yang menduduki peringkat ketiga klasemen akhir Liga 1 dan punya lisensi klub AFC, otomatis seharusnya yang mendapatkan slot berkompetisi. Bukan Persija, runner-up Piala Indonesia dan peringkat akhir klasemen Liga 1 2019 jauh di bawah Persipura.

Sementara PSSI beralasan menunjuk Persija karena runner-up Piala Indonesia (Domestik). Ini tidak sesuai dengan buku manual kompetisi AFC. Dengan begitu, Persipura lebih berhak dibanding Persija.

“Teman-teman wartawan tahu ini ada di manual competition AFC 2021. Poin terkait Suporting Criteria kan sudah ada,” ujar Asisten Manajer Persipura, Bento Madubun.

“PSSI harusnya bisa memberikan penjelasan terkait keputusan menunjuk Persija mendampingi Bali United. Apa alasan keputusan Exco PSSI. Kenapa sampai tidak tahu aturan di dalam buku manual,” jelasnya.

Mengenai protes yang dilayangkan tim Mutiara Hitam, plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengaku sudah menerimanya.

“Bisa atau tidaknya Persija bermain di Piala AFC tergantung AFC. PSSI sudah menginformasikan atas keputusan tersebut,” ucap Yunus.

sumber: dari berbagai media

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Bek Muda MUFC asal Sumbar Katakan Disiplin Diri Sangat Penting Baginya

Suatu Saat Jadi Pelatih, Bek Persiraja Tekuni Kursus Lisensi C PSSI di Padang