in ,

Nasib Pemain, Pelatih dan Kompetisi Pasca Idul Fitri, Tergantung Pemerintah ?

PSSI

Jakarta, bolabeten – Pasca Idul Fitri 1441 Hijriyah berlalu dua hari, PSSI menggelar pertemuan dengan APSSI (Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia) dan APPI (Asosiasi Pemain Profesional Indonesia) melalui dua sesi konferensi video pada Selasa, (26/5/2020).

Dalam pertemuan virtual yang berlangsung selama 90 menit, mulai pukul 10.00-11.30 WIB. APSSI yang diwakili oleh pengurusnya, Yeyen Tumena, Bambang Nurdiansyah dan Rahmad Darmawan melakukan rapat pembahasan lanjutan kompetisi Liga Indonesia 2020 dengan PSSI yang diwakili oleh Pelaksana Tugas Sekjen Yunus Nusi sekaligus Exco bersama Exco lainnya, yakni Yoyok Sukawi, Endri Erawan, Wakil Sekjen Maaike Ira Puspita, dan Direktur Teknik Indra Sjafri.

“Rapat ini kami membahas berbagai hal seperti kompetisi terkait situasi di pandemi Covid-19 dan organisasi APSSI. Teman-teman pelatih ingin kompetisi dapat dilanjutkan dengan berpegang protokoler kesehatan,” kata Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi diberitakan laman pssi org, Rabu sore.

Yunus menambahkan bahwa APSSI banyak memberikan masukan pada pertemuan ini. Di antaranya saran untuk timmas Indonesia, kontrak klub dengan pelatih di kompetisi Liga 1 dan dan Liga 2. Para pelatih juga tidak mempermasalahkan bila terjadi negoisasi ulang dengan klub.

“Kami mengapresiasi dan usulan APSSI dan segera melaporkan ke Ketua Umum PSSI. Kami juga berencana akan mengukuhkan APSSI sebagai anggota PSSI. Untuk kelanjutan kompetisi, kita terus menunggu hingga 29 Mei sesuai keputusan pemerintah,” jelas Yunus.

Sementara itu, Ketua APSSI, Yeyen Tumena mengatakan apa yang disampaikannya kepada PSSI merupakan asprirasi para pelatih lokal di Indonesia. Ia juga mengapresiasi PSSI karena sudah mengundang diskusi secara virtual saat kondisi pandemi Covid-19.

“Sebelumnya pada awal Maret lalu kami sudah melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PSSI. Kami menjelaskan apa itu APSSI termasuk program kami dan upaya peningkatan kualitas pelatih lokal Indonesia,” kata Yeyen.

Terkait kompetisi, Yeyen menyerahkan sepenuhnya kepada PSSI dengan menunggu keputusan pemerintah terkait situasi darat Covid-19. Ia juga sudah memberikan saran format kompetisi bila memungkinkan untuk dilanjutkan kembali. Apalagi pada akhir tahun Timnas Indonesia akan berlaga di sisa pertandingan Kualifikasi Piala Dunia dan Piala AFF 2020.

Hal yang sama dibahas PSSI dan APPI. Ponaryo Astaman, Firman Utina, Kurniawan Dwi Yulianto, Andritany Ardhiyasa dan Hardika Aji dari APPI juga membicarakan kelanjutan dan masa depan kompetisi dimasa belum tuntasnya pandemi Covid-19, pada jam 13.00 – 14.30 WIB.

Saat ini PSSI masih menunggu hingga 29 Mei 2020 terkait status darurat Covid-19 dari pemerintah untuk memutuskan kelanjutan kompetisi.

“Dengan APPI membahas kelanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2020 di saat kondisi pandemi Covid-19. Kami menerima saran dan masukan dari APPI bagaimana kalau kompetisi dilanjutkan atau berhenti,” katanya.

“APPI memahami kondisi saat ini. Yang jelas hak dan kewajiban menjadi komitmen bersama kami. Bila kompetisi dilanjutkan kami akan berpegang sesuai protokoler kesehatan,” jelas Yunus.

Sementara itu General Manager APPI, Ponaryo Astaman mengapresiasi PSSI terkait undangan rapat virtual ini. Ini menjadi medium APPI untuk menyampaikan langsung kepada PSSI terkait aspirasi dan masukan dari para pemain.

“Para pemain berharap kompetisi dapat dilanjutkan. Tentu juga harus memperhatikan protokoler kesehatan tidak hanya pas pertandingan, tapi juga saat latihan. Selain itu kami juga menyampaikan terkait ada klub yang tidak memberikan hak kepada pemain yang tidak sesuai dengan surat keputusan PSSI,” kata Ponaryo.

“Pemain memahami kondisi saat ini. Yang jelas pemain juga terbuka duduk bersama dengan klub agar menemui solusi bersama. Kami menyerahkan kepada PSSI yang saat ini menunggu info dari pemerintah terkait bagaimana nanti teknis dan format kompetisi bilamana akan dilanjutkan,” tukasnya.

Setelah melakukan rapat virtual dengan APSSI dan APPI, PSSI akan melanjutkan rapat dengan klub Liga 1 dan Liga 2. (*)

sumber : pssi org.

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Tottenham Hotspur vs Manchester United Jadi Laga Pembuka ‘Restart’ Liga Inggris

Pemain dan Pelatih Setuju Liga 1 2020 Dilanjutkan