in ,

SukaSuka KetawaKetawa

Mungkin Sekarang Saatnya, Ayah Firza Andika Pernah Mengatakan Suatu Hari Putranya Harus Perkuat Semen Padang FC

Padang, bolabeten – Menyebut nama Firza Andika, maka yang terbayang adalah sosok bek sayap kiri muda yang potensial. Pemain yang sekarang tercatat berseragam PSM Makassar ini, adalah tipikal bek modern yang diminati banyak klub elit Indonesia.

Masih muda, punya keistimewaan di kaki kiri, pernah menjadi andalan Timnas U-22, dan pernah bermain di Eropa. sebelum ke PSM Makassar dengan status pinjaman, Firza resmi dikontrak klub Liga Belgia, AFC Tubize selama dua musim. Usai tugasnya di Timnas U-22 selesai, anak Medan tersebut langsung terbang ke negara Eropa tersebut.

Namun, siapa sangka, Firza punya ikatan emosional dengan Semen Padang FC. Bahkan keluarga besar Firza Andika punya hasarat besar agar anak keempat dari lima bersaudara itu bisa berseragam berseragam Semen Padang suatu saat nanti.

Sunardi atau Didit, ayah kandung Firza pernah mengatakan, bukan tanpa alasan dia menginginkan putranya kembali ke Semen Padang. Karena Firza banyak berutang budi dengan manajemen Semen Padang.

“Saya tekankan ke Firza, dia harus balik ke Semen Padang. Balas jasa, harus main buat Semen Padang. Dia harus balik buat balas budi. Karena dia disekolahkan di sana, dibiaya selama SMA di sana dua tahun, hingga dipanggil timnas pertama kali dari sana,” ujarnya.

Didit mengatakan Firza memperkuat Akademi Semen Padang sejak kelas XI SMA begitu lolos seleksi. Di akademi Semen Padang, dia mempertajam skill hingga dikirim seleksi timnas dan lolos ke Timnas U-19 Tahun 2017.

Pun demikian meski alumni akademi Semen Padang, Firza memang belum sempat mengenakan memperkuat Semen Padang di klub senior. Firza keburu memperkuat PSMS di Liga 1 musim 2018. Saat itulah momen konflik terjadi.

Pasalnya, begitu diterima di PSMS, pihak Semen Padang menelepon dan memintanya balik. Saat itu posisinya, Firza sudah lulus dan menamatkan sekolah di Padang dan akademi sepak bola Semen Padang, dia pun balik ke Medan.

Dalam posisi non klub, Firza pun ikut berbagai turnamen di Medan. Sempat diminta balik ke Padang, belakangan Firza merasa tidak dibutuhkan lantaran namanya tidak diikutkan dalam turnamen di Padang. Hingga dia memutuskan ikut seleksi di PSMS.

“Sudah di PSMS, tahu-tahu dari Semen Padang disuruh balik, saat itu jadi problem. Firza sempat bingung, saat itu saya teleponan sama orang Semen Padang, saya bilang biarkanlah Firza satu musim di PSMS, dan mereka pun mengerti. Saat itupun langsung saya bilang sama Firza suatu hari nanti harus balik ke Semen Padang, harus balas budi,” ungkapnya.

Waktu berjalan, selama memperkuat PSMS, Firza jadi andalan di lini bek sayap kiri. Dia juga disibukkan dengan Timnas U-19, seleksi di Belgia dan Spanyol, dan hingga akhirnya memperkuat AFC Tubize.

Sunardi mengatakan, belum ada komunikasi dari Semen Padang begitu ramai saat putranya dikontrak AFC Tubize. Bahkan setelah kembali dari Tubize, nama Firza juga sempat dirumorkan akan diambil Semen Padang yang sedang tertatih di Liga 1 2019. Tapi apada akhirnya Firza memilih berlabuh di PSM makassar.

Sekarang dikabarkan Firza kembali diminati Semen Padang, seperti diklaim pemain bersangkutan. Jika hal tersebut benar adanya, maka mendapatkan Firza akan menjadi nilai plus bagi Semen Padang menghadapi Liga 2 2020.

Asisten pelatih Semen Padang pernah menyebutkan, bahwa Firza adalah pemain yang punya kelebihan pada kaki kiri. Awalnya di bukan berposisi bek sayap kiri, tapi Weli mengubahnya ke posisi bek sayap kiri semasa di Akademi Semen Padang, ternyata dia berkembang dio posisi tersebut.

“Dia punya kaki kiri istimewa, seperti halnya Oktavianus dulu. Dengan berdiri di tempat saja, engkelnya bisa dengan luwes mengarahkan bola. Tak banyak pemain memiliki keistimewaan seperti itu,”kata Weli.

Jika kembali ke Semen Padang, maka Firza bisa menjadi andalan Semen Padang. Saat ini posisi tersebut ditempati oleh pemain muda lokal, Yoga Noviandre yang masih minim pengalaman level nasional.

Nah, kalau manajemen Semen Padang berminat dan kepeng cukup, tidak ada salahnya dikejar sekarang. Siapa tahu dapat memulangkan pemain binaan ini. Walaupun tidak akan mudah dan bakal rumit untuk mengambil kembali “property: sebagus Firza Andika.(*)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Masih Menunggak Gaji Pemain Musim Lalu, 5 Klub Liga 2 Masih Dilarang Transfer Pemain, Termasuk PSMS Medan

Latihan Gila Shin Tae-yong di Timnas U-19 Tidak Ada Apa-apa, Era Polosin 1991 Pemain Disiksa Bak Tentara