in ,

Malam Ini; Serunya Derby Derby della Madonnina, 2 Tim ‘Satu Kontrakan’ yang Tak Pernah Akur

Milan, bolabeten – Rivalitas antara Inter Milan dan AC Milan bisa dibilang begitu menarik dan unik. Dua tim asal Kota Milan ini bermarkas di stadion yang sama, San Siro atau Giuseppe Meazza.

Menariknya, stadion tersebut bukanlah milik Inter atau Milan. Kedua tim ini berstatus sebagai penyewa setiap bertanding. Sebab, stadion dimiliki Pemerintah Kota Milan.

Meski memakai stadion yang sama, sebutan stadion bisa berbeda. Fans Inter lebih suka dengan sebutan Giuseppe Meazza. Nama tersebut diambil untuk menghormati legenda Inter dan Timnas Italia dengan nama sama.

Fans Milan tak suka dengan nama tersebut. Sebab, Giuseppe Meazza identik dengan Inter meski sempat membela AC Milan. Mereka pun menggunakan nama awal stadion, San Siro.

Sejarah Inter sebenarnya tak lepas dari Milan. Pada 9 Maret 1908, perpecahan terjadi di Milan Cricket and Football Club (kini AC Milan). Sejumlah direksi Milan memutuskan untuk membentuk klub sendiri yang bernama Internazionale, untuk lebih memberikan ruang kepada para pemain asing.

Sejak saat itu, Inter dan Milan senantiasa bersaing baik di level domestik maupun Eropa. Untuk level domestik, keduanya seimbang dengan raihan total 30 gelar.

Namun, di Eropa Milan patut berbangga dengan tujuh gelar Liga Champions. Sedangkan Inter baru meraih tiga gelar yang sama. Di Eropa Inter memiliki kebanggaan yang tak bisa diraih Milan. Yakni, satu-satunya tim Italia yang meraih treble winners pada 2010 silam.

Menariknya, meski kerap berseteru, Inter dan Milan selalu kompak urusan stadion. Saat ini, mereka memiliki proyek stadion anyar yang lagi-lagi akan dipakai bersama. Stadion ini diprediksi selesai pada 2024.

Di luar itu, persaingan di atas lapangan selalu menarik. Laga yang sering disebut Derby della Madonnina ini akan memasuki edisi ke-226 malam hari ini, Sabtu 17 Oktober 2020

Duel seru akan tersaji di ajang Serie A giornata keempat antara Inter Milan versus AC Milan pada malam ini Sabtu 17 Oktober 2020. Duel tersebut akan dihelat di Giuseppe Meazza. Laga dengan tajuk derby Della Madonnina ini diprediksi berlangsung ketat. Kedua klub dipastikan mengincar poin penuh demi bisa bersaing di papan atas klasemen.

Il Nerazzurri saat ini berada di posisi ke-5 dengan raihan 7 poin dari 3 laga. Sedangkan Milan ada di posisi ke-2 dengan selisih 2 poin.

Terakhir kali kedua tim bertemu di ajang yang sama pada 19 Februari 2020. Inter saat itu menang meyakinkan dengan skor 4-2.

Jelang laga, 5 fakta mengerikan mengiringi derby kali ini, seperti dilansir berbagai sumber:

-Menilik dari 10 pertemuan terakhir kedua tim, Inter unggul. Mereka mendapat 5 kemenangan sedangkan Milan hanya mendapat dua kemenangan dan sisanya berakhir dengan hasil imbang.

-Ini menjadi duel ke-173 antara dua klub kota Milan di Serie A. Di 172 laga sebelumnya, Inter mendapat 66 kemenangan dan Milan meraih 51 kemenangan.

-Antonio Conte berpeluang mencetak sejarah, dia berkesempatan menjadi pelatih Inter pertama yang selalu menang di 3 laga derby pertamanya.

-Milan dalam kondisi terbaik, soal pertahanan mereka sempurna dengan selalu cleansheet di 4 laga terakhirnya di Serie A.

-Inter dan Milan sama-sama tim yang paling banyak mencetak gol setelah Serie A comeback. Mereka sama-sama mencetak 42 gol.(*)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Quick Fit Teknologi Unggulan dari Ortuseight, Gian Zola dan Beckham Putra Langsung Jatuh Cinta

Memori: Buyung Ismu, Pippo Inzaghi Cita Rasa Indonesia Era 1990-an yang Pernah Takut Jadi “Camat”