in ,

MarahMarah

Lugas, tampil ‘nge-gas’, pimpin Gasliko U16 juarai Putra Wijaya Cup U16 2020 di Kota Padang

Sepakbola Sumbar

Laga final PW Cup U16, Putra Wijaya U16 (putih) vs Gasliko U16 (oren)/Foto : Panpel

Padang, bolabeten – Dua gol free-kick berkelas kapten tim Gasliko U16, Lugas menyelamatkan timnya dari kekalahan sekaligus bangkit untuk menang lewat adu penalti kontra Putra Wijaya U16 di partai Final Putra Wijaya Cup di lapangan sepakbola Brandon Kota Padang, Rabu (19/8/2020).

Putra Wijaya (PW) yang telah unggul (2-0) sejak babak pertama melalui gol tendangan bebas Marcel Fajar menit 16′ dan sontekan M. Zikri Fasri menit 20′, dibuat terbungkam oleh dua gol free-kick Lugas, eks striker Elite Pro Academy Semen Padang FC U16 musim 2019.

PW yang terlihat akan memenangi laga hingga memasuki pertengahan babak kedua. Perlahan dengan kesabaran dan ketenangan mental para pemain Gasliko U16, harus menerima kenyataan terkejar oleh dua gol Lugas.

Diawali free-kick di menit 46′ untuk Gasliko. Lugas mengambil sepakan bebas dari jarak jauh cukup. Pertahanan PW yang bersiap mengantisipasi di kotak penalti sendiiri, terkecoh sepakan Lugas yang ternyata menghujam langsung ke arah gawang dan gagal diantisipasi penjaga gawang PW, Wahyu Faturrahman.

Gol yang membangkitkan lagi spirit dan motivasi Gasliko untuk terus bekerja keras menyamakan kedudukan. Usaha terus menerus anak-anak muda klub asal Kabupaten Limapuluh Kota akhirnya berbuah manis di penghujung babak kedua.

Kesalahan fatal lini belakang PW dalam menghalau serangan Gasliko pada masa injury time berbuntut kembali hukuman tembakan bebas. Kali ini tepat di garis kotak 16.

Di menit 60+3′ itu, lagi dan lagi, Lugas menunjukan kepiawaiannya dalam mengeksekusi bola mati. Sepakan mendatar menyusur tanah tanpa hambatan mengecoh Wahyu Faturrahman. Kedudukan (2-2), tak berselang lama menutup akhir jalannya pertandingan final di waktu normal, 2 x 30 menit itu.

Wasit Candra yang memimpin pertandingan plus dua asistennya, Mulyadi dan Ibrahim, langsung melanjutkan penentuan juara dengan adu tendangan penalti.Putra Wijaya U16 (putih) dan Gasliko U16 (oren)

Dari lima kali kesempatan pertama, masing-masing satu penendang PW dan Gasliko sama-sama gagal menyelesaikan tugas mereka. Skor (4-4) diteruskan dengan satu-satu penendang dari kedua tim.

Penendang Gasliko yang mendapat giliran pertama mampu memperdayai kiper PW. Sebaliknya, keberuntungan menjauihi eksekutor PW. Sepakan penaltinya melambung melewati mistar gawang. Skor akhir adu penalti (5-4) mengantarkan Gasliko menjuarai Putra Wijaya Cup U16 tahun.

Gasliko menerima Piala Tetap juara 1 plus Uang Pembinaan yang diserahkan oleh Dedi Umar Putra, pelatih kepala tim sepakbola PPLP Sumbar yang turut menyaksikan laga final tersebut.

Kepada bolabeten, Dedi Umar mengatakan ketenangan mental dan kesabaran para pemain Gasliko U16 menjadi kunci kemenangan mereka.

“Melihat laga final tadi, para pemain Gasliko U16 terlihat punya mental pemenang yang bagus. Mereka tertinggal dua gol sejak babak pertama. tapi tetap tenang dan sabar dalam bermain. Akhirnya mereka menang dramatis,” ujarnya.

“Untuk pemain-pemain seumuran mereka bisa serupa itu, saya menilainya karena telah bersama sejak lama dan dibina berjenjang sejak usia dini. Selamat untuk Gasliko dan pelatihnya,” tutup Dedi Umar.

Daftar Susunan Pemain

Putra Wijaya U16 : Wahyu Faturrahman (PG), Raffi Makhlis, Aditya Syaputra, Daffa Chairi Orakel, Altaf Hifizun; Marcel Fajar Ramadhan, Shadiq Octamiyan (c), Reval Aditya; M. Zikri Fasri, Alfadhil B. Putra, Rafi Deswandi

Gasliko U16 : Firmanul (PG), Faldo, Luthvi, Farhanul, Zidan; Kelvin, Gala, Lugas (c), Nabil Azurra, Abu Zafran, Lino

Hasil lengkap Putra Wijaya Cup U16 :
Juara 1: Gasliko U16 (Limapuluh Kota)
Juara 2: Putra Wijaya U16 (Padang)
Juara 3: Pauh Limo U16 (Padang)
Juara 4: Remaja Tarusan (Pesisir Selatan)

Dedi Umar, pelatih PPLP Sumbar yang ikut melihat laga final

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Bedah Kekuatan Grup D Liga 2 2020: Panasnya Derby Sumatra, PSMS Medan Diunggulkan, Dimana Posisi Semen Padang FC?

Grup D dikatakan Grup Berat, Manajemen Sriwijaya FC Pasang Kuda-Kuda Kejar Kemenangan