in ,

Liga Jerman Kembali Bergulir 16 Mei 2020

Bundesliga

Asosiasi Sepak Bola Jerman (DBF) pastikan Liga Jerman, Bundesliga musim 2019/2020 kembali bergulir pada Kamis, 16 Mei 2020, setelah mendapat lampu hijau dari Kanselir Angela Merkel.

Merkel telah menyatakan pada 6 Mei 2020 lalu, pertandingan olah raga diizinkan di bawah aturan-aturan yang telah disepakati.

Langkah Jerman membuat Bundesliga menjadi liga sepak bola terkemuka Eropa pertama yang meneruskan kompetisi. Ini seketika menyuntikkan semangat tidak cuma ke sesama liga sepak bola Eropa, tetapi juga dunia dan cabang olah raga lainnya.

Bundesliga merupakan satu-satunya dari lima liga sepak bola top Eropa yang sejak awal percaya diri menuntaskan kompetisi yang terhenti. Padahal Jerman dan Prancis adalah paling telat menghentikan kompetisi.

Serie A Italia menghentikan kompetisi pada 9 Maret. Disusul La Liga pada 12 Maret. Sehari kemudian Liga Premier Inggris mengikuti mereka pada 13 Maret. Ketiga negara ini, dan juga Prancis, adalah zona-zona merah Covid-19 di Eropa.

“Ini kabar yang sangat baik bagi sepak bola Eropa, untuk kembali ke normal baru dan demi mengaktifkan kembali kehidupan ekonomi dan sosial yang penting ini,” kata situs La Liga Spanyol.

Bundesliga musim 2019/2020 sebelum terhenti, menyisakan sembilan pertandingan lagi. Bayern Muenchen untuk sementara berada di puncak klasemen dengan selisih empat poin dari Borussia Dortmund.

Sembilan laga tersisa akan dimainkan di stadion-stadion tanpa penonton sampai selesai sebelum 30 Juni. Itu dilakukan karena Pemerintah Jerman baru mau mencabut larangan berkerumun pada 31 Agustus mendatang.

“Laga tanpa penonton itu bukanlah solusi ideal bagi siapapun. Meskipun begitu, dalam suasana krisis yang mengancam eksistensi beberapa klub, maka ini adalah satu-satu caranya untuk mempertahankan liga ini pada bentuknya saat ini,” kata Kepala Eksekutif DBF Christian Seifert. (*)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Inspirasi: Islam dan Sikap Hati-hati Zinedine Zidane

UFC Jadi ‘Guru’ Menggelar Pertandingan di Tengah Corona; Ferguson vs Gaethje, ‘Buka Puasa’ Nikmat Penggemar Olahraga