in ,

Laws of The Game dan Match Regulation itu beda

PSSI

Asep Saputra, Match Commisioner AFC Expertise, menjelaskan pasal Match Regulation di Kegiatan Pelatihan Manajemen Suporter Sepakbola/dok pssi

Jakarta, bolebeten – Kegiatan Pelatihan Manajemen Suporter Sepakbola yang dicetus PSSI bekerja sama dengan Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), 13 – 16 Juli 2020 di Hotel Pullman, Jakarta, benar-benar dimanfaatkan untuk membedah semua hal terkait sepakbola.

Di hari terakhir, Kamis (16/7), peserta kegiatan yang berasal dari perwakilan suporter klub di Indonesia mendapat pencerahan terkait perbedaan Laws of The Game (aturan-aturan permainan sepakbola) dan Match Regulation (peraturan pertandingan).

“Sebelumnya, saya ingin lebih dahulu menyatukan pemahaman perbedaan antara Laws of the Game dengan Match Regulation,” ujar Asep Saputra, perwakilan PSSI yang merupakan Match Commisioner AFC Expertise.

Ia lebih detailnya menjelaskan Laws of the Game adalah aturan baku dari permainan sepakbola itu sendiri. Dan itu berbeda dengan Match Regulation yang justru mengatur semua hal yang berkaitan dengan suatu pertandingan sepakbola.

“Laws of the Game hanya mengatur permainan dalam suatu pertandingan sepak bola, berbeda dengan match regulation yang mengatur semuanya di dalam suatu pertandingan sepak bola Indonesia,” jelasnya.

“Match Regulation tidak mengikat dan tak sama antara satu kompetisi atau turnamen lainnya disuatu negara. Ada penyesuaian disana”, sambungnya.

Asep menerangkan ada 15 struktur regulasi yang dijelaskan oleh Match Regulation.

“Yaitu, kompetisi, tanggung jawab (perjanjian dengan tim peserta, operator dan klub-klub), jadwal pertandingan, regulasi teknis, protokol pertandingan, delegasi ofisial tim, logistik, media, peralatan, tiket, medis dan anti doping, penegak disiplin, perangkat pertandingan, komersial, dan yang terakhir adalah administrasi,” jelasnya.

“Jadi yang diatur dalam suatu regulasi pertandingan, sifatnya lebih kompleks,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

PSSI Sosialisasikan Laws of The Game FIFA Terbaru Ada 5 Pergantian Pemain, Lainnya ?

Kursus AFC Pro 2020 Dijadwalkan September, Siapa Saja dari Sumbar?