in ,

Lanjutan Liga 2 2020: Jika Terpilih Jadi Tuan Rumah, Belum Tentu Main di Kandang

Jakarta, bolabeten – Sebanyak tujuh tim sudah mengajukan diri untuk jadi tuan rumah home tournament Liga 2 2020. Namun ada yang aneh dan menarik, karena tuan rumah yang terpilih harus siap-siap untuk gigit jari.

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno, mengatakan, yang pasti, catatan tersendiri bagi tim yang nanti dipilih sebagai tuan rumah adalah harus siap dengan segala kemungkinan.

Bukan hanya karena laga akan digelar tanpa penonton alias tidak ada pemasukan dari tiket, namun PT LIB selaku operator juga akan menjalankan proses undian lebih dulu untuk menentukan kontestan di tiap grup.

Ada perubahan format kompetisi pada lanjutan Liga 2 2020 nanti. Format dua wilayah yakni barat dan timur yang sebelumnya terapkan akan berubah menjadi format home tournament dengan komposisi empat grup. Dengan jumlah total 24 klub di Liga 2, maka tiap grup nantinya akan dihuni enam tim di fase penyisihan.

Tiap tim berkesempatan bertanding di lima kesempatan untuk menentukan tiket melaju ke babak berikutnya sekaligus menjaga peluang meraih dua tiket promosi ke Liga 1 2021 mendatang.

“Nanti setelah ditentukan siapa tuan rumah yang dipilih, maka tidak otomatis tim yang jadi tuan rumah akan main di kandangnya sendiri. Untuk menentukannya, akan dilakukan undian lebih dulu,” kata Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno, di Yogyakarta, Rabu (29/7/2020) malam.

Bisa jadi, lanjutnya, tim tuan rumah justru bermain di stadion lain karena berdasarkan hasil undian yang dilakukan. Namun kalau beruntung dalam undian, tim tersebut tentu akan dapat bermain di kandangnya sendiri.

Hal ini, kata Sudjarno, sesuai dengan masukan dari banyak tim dalam pelaksanaan pembagian grup lanjutan Liga 2 2020. “Hasil dari masukan klub-klub adalah dengan melakukan undian untuk pembagian grup agar lebih fair. Jadi tuan rumah belum tentu akan bermain di kandang sendiri nantinya,” kata Sudjarno menambahkan, seperti diwartakan skor.id.

Ini juga sekaligus memastikan bahwa pembagian grup Liga 2 2020 yang sudah beredar di media sosial menjadi tidak valid karena bakal berbeda saat pelaksanaan kompetisi sesungguhnya nanti.

Ada pun rincian daftar tim yang disebutnya sudah mengajukan diri jadi tuan rumah adalah Tiga Naga (Riau), Badak Lampung FC, PSCS Cilacap, Kalteng Putra, Persijap Jepara, Sulut United, dan Persis Solo.

Lelaki yang juga mantan Kapolda Lampung ini menambahkan, jumlah ini masih terbuka kemungkinan bakal kembali bertambah nantinya. Ini belum termasuk PSIM Yogyakarta yang juga disebut berminat untuk mengajukan Stadion Mandala Krida setelah sudah selesai direnovasi.(*)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Kalender sepakbola dunia berantakan, Presiden FIFA kucurkan dana Covid-19 kepada PSSI dan negara anggota lainnya

Serupai langkah Ratu Tisha, Sekretaris Askot PSSI Padang undur diri dari Kepengurusan Mastilizal ‘Aye’, periode 2019-2023