in ,

Kongres FIFA 2020 Setujui Ubah Statuta dan Tata Tertib

Sepakbola Dunia

Presiden FIFA, Gianni Infantino di Kongres 2020/foto: Media PSSI

Jakarta, bolabeten – Kongres FIFA yang dilakukan secara virtual pada Jum’at (18/9/2020) menyetujui dua amandemen peraturan. Dalam kongres tersebut, Presiden FIFA Gianni Infantino menjelaskan Statuta FIFA dan Tata Tertib Kongres diubah, pertama untuk memungkinkan pertemuan Kongres FIFA yang akan datang diadakan dari jarak jauh.

Sementara itu, seiring perkembangan zaman, peraturan yang mengatur penerapan Statuta FIFA diubah dengan memasukkan ketentuan baru yang berkaitan dengan pengecualian larangan umum untuk mengubah asosiasi dan akses ke sepak bola tim nasional untuk pemain tanpa kewarganegaraan.

Infantino juga mengaku prihatin dengan penundaan berturut-turut kualifikasi Piala Dunia 2022 yang disebabkan oleh pandemi covid-19.

”Saya prihatin dan ini jelas merupakan masalah nyata, terutama jika pandemi tidak berhenti atau mereda, atau kami tidak mulai bermain dengan cara normal,” katanya kepada wartawan seusai Kongres FIFA.

Dia juga melihat pandemi covid-19 yang berkepanjangan, berkemungkinan juga akan membuat FIFA melakukan penyesuaian format turnamen dalam beberapa kasus.

Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan yang dimulai pada Maret tidak akan berlangsung hingga bulan depan. Sedangkan awal turnamen CONCACAF yang seharusnya dilakukan bulan ini ditunda hingga Maret tahun depan. Sementara itu, enam pertandingan telah ditunda dalam kompetisi kualifikasi Zona Asia.

Infantino mengatakan bahwa badan sepak bola dunia telah membuka kemungkinan adanya tambahan untuk pertandingan internasional pada Januari 2022.

Jika terlaksana ini merupakan sesuatu yang dapat mengecewakan klub-klub Eropa yang harus melepaskan pemain mereka. Alternatif solusi yang mungkin diambil adalah memainkan tahap kualifikasi di satu tempat, bukan di kandang atau tandang (home and away).

Dalam Kongres virtual FIFA ini juga menyetujui laporan tahunan FIFA 2019. (*)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Timnas Indonesia U-16 gelar lagi Training Center, 20-29 September 2020, Bima panggil beberapa pemain SSB

Semen Padang FC belum pikirkan uji coba, ukur taktikal dengan Internal Game