in , ,

Ketum PSSI Jadi Manejer Timnas U-19, Menpora: Tidak Masalah, Bro

Jakarta, bolabeten – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, tak mempersalahkan ketua umum PSSI Mochamad Iriawan, menjabat manajer timnas Indonesia di Piala Dunia U-2020 2021. Ia menyerahkan semua keputusan kepada federasi sepakbola nasional tersebut.

Pembagain tugas untuk Piala Dunia U-20 2021 memang sudah ditetapkan. Zainudin ditunjuk sebagai ketua panitia (INAFOC). Sementara infrastruktur dipimpin Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan peningkatan prestasi timnas Indonesia dikomandoi Iriawan.

Oleh karena itu, Iriawan mengemban posisi manajer timnas Indonesia agar bisa memantau secara langsung segala persiapan. Namun, ia menegaskan posisi tersebut hanya sementara sampai menemukan sosok yang tepat.

“Saya kira semua itu kewenangan dari PSSI yang diberi tanggung jawab untuk [peningkatan] prestasi timnas. Bentuknya, variasinya, modifikasinya seperti apa silakan PSSI yang menentukan,” kata Zainudin.

Zainudin menyampaikan tinggal menunggu Instruksi Presiden (Inpres) ditandatangani Presiden RI Joko Widodo. Setelah itu, pihaknya baru bisa bergerak memulai persiapan Piala Dunia U-20.

Inpres tersebut menjadi acuan INAFOC dalam bekerja. Tanpa hal itu mereka tak bisa bertugas karena tidak adanya kekuatan hukum yang mengikat untuk melakukan pertanggungjawaban.

“Kami saat ini sedang menyiapkan Inpres, itu penting karena menyangkut renovasi tempat pertandingan dan latihan. Keputusan enam venue sudah ada, itu lagi dikebut,” ujar politikus Partai Golongan Karya tersebut.

“KemenPUPR yang bertandunggung jawab, mereka sedang menyiapkan infrastruktur mereka butuh waktu. Kami tak mau mendadak dan mepet, maka kami fokus ke Inpres. Mudah-mudahan 1-2 hari ini [Inpres] selesai,” ia menambahkan.

Adapun enam stadion untuk menggelar laga Piala Dunia U-20 yakni Gelora Bung Karno (Jakarta), Gelora Bung Tomo (Surabaya), Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), dan Stadion I Wayan Dipta (Bali).

Piala Dunia U-20, bakal digelar di Tanah Air kurang dari setahun lagi. Dijadwalkan perhelatan sepakbola paling bergengsi untuk kelompok umur tersebut dimulai pada 20 Mei sampai 11 Juni 2021.

Timnas Indonesia diminta tidak hanya sebagai pelengkap di Piala Dunia U-20. Melainkan pasukan Shin Tae-yong tersebut bisa lolos dari babak penyisihan grup.(*)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Liga 1 2020 : Agenda latihan perdana 5 Agustus tertunda, pemain Persiraja akan dikarantina 14 hari

Sempat tertunda dan tanda tanya, Shin Tae-yong Pastikan Pemusatan Latihan Timnas Senior dan U-19 ‘Start’, Jumat 7 Agustus