in ,

Kalahkan Olympique Lyon, Bayern Munchen Lawan PSG di Final Liga Champions

Lisbon, bolabeten – Bayern Munchen melangkah ke final Liga Champions untuk bertemu Paris Saint-Germain (PSG). Munchen memastikannya setelah menang 3-0 atas Olympique Lyon pada babak semifinal di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Kamis (20/8) dinihari WIB.

Lolosnya Bayern memang sudah banyak diprediksi, karena performa jawara Jerman itu memang sulit tertandingi oleh tim manapun. Bahkan saat semifinal, Robert Lewandowski dan kawan-kawan menghajar Barcelona 8-2.

Lyon memulai laga dengan baik dan nyaris unggul lebih dulu saat pertandingan baru berjalan lima menit. Berawal dari serangan balik, Memphis Depay berhasil mengecoh kiper Munchen Manuel Neuer tetapi tembakannya berada tipis di sisi kiri gawang.

Setelah kegagalan itu, Lyon semakin gencar menekan Munchen. Depay dan Maxwel Cornet sempat menebar ancaman tetapi upaya mereka bisa digagalkan pertahanan Munchen.

Lyon bahkan nyaris unggul lebih dulu andai tembakan Karl Toko Ekambi tidak mengenai tiang gawang pada menit ke-17. Ekambi lebih dulu mengecoh satu pemain belakang Munchen di kotak penalti. Sialnya tendangan Ekambi yang tinggal berhadapan dengan Neuer masih membentur tiang gawang.

Munchen yang terus ditekan malah unggul lebih dulu 1-0 pada menit ke-18. Aksi individu dari sisi kanan penyerangan diakhiri Serge Gnabry dengan tembakan keras yang menggetarkan gawang Lyon.

Munchen nyaris menggandakan keunggulan jadi 2-0 karena kesalahan pemain belakang Lyon pada menit ke-25. Bola yang coba dibuang Marcelo malah mampir ke kaki Gnabry. Beruntung tembakan kaki kiri Gnabry dari dalam kotak penalti ke pojok kanan gawang masih bisa dibendung Lopes.

Gnabry kembali jadi mimpi buruk bagi Lyon. Penyerang sayap asal Munchen itu kembali mencetak gol untuk membawa Die Roten unggul 2-0 pada menit ke-34. Kali ini sontekan pelan Gnabry memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Robert Lewandowski membobol gawang Les Gones. Skor 2-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Lyon mendapatkan peluang pertama melalui Marcelo. Bek Lyon itu berhasil menjangkau umpan sepak pojok tetapi sundulannya masih bisa diamankan Neuer pada menit ke-55.

Tiga menit berselang, Lyon berpeluang besar memperkecil kekalahan andai Ekambi bisa membobol gawang Neuer. Tembakan Ekambi setelah menerima umpan Houssem Aouar masih mengenai kaki Neuer.

Setelah itu, Lyon kembali menguasai jalannya permainan. Namun, wakil asal Prancis itu tetap kesulitan untuk masuk ke kotak penalti lawan karena permainan disiplin pemain-pemain Munchen.

Lima belas menit jelang laga usai, pelatih Hansi Flick memasukkan Philippe Coutinho. Pemain yang dipinjam dari Barcelona itu langsung memberikan kontribusi dengan membobol gawang Lyon. Akan tetapi gol Coutinho dianulir karena sudah berada dalam posisi offside sebelum membobol gawang Lopes.

Pada menit ke-88, Lewandowski akhirnya berhasil menempatkan namanya di papan skor. Sundulan Lewandowski memanfaatkan umpan Joshua Kimmich tidak bisa diantisipasi Lopes dan mengubah skor 3-0 yang bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain
Lyon (3-5-2): Anthony Lopes; Jason Denayer; Marcelo, Fernando Marcal; Leo Dubois, Maxence Caqueret, Bruno Guimaraes, Houssem Aouar, Maxwel Cornet; Karl Toko Ekambi, Memphis Depay.

Bayern Munchen (4-2-3-1): Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Jerome Boateng, David Alaba, Alphonso Davies; Thiago Alcantara, Leon Goretzka; Serge Gnabry, Thomas Mueller, Ivan Perisic; Robert Lewandowski.(*)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Harapan jadi tuan rumah terkabul, Manajemen PSMS Medan sebut ada keuntungan-keuntungannya ?

Gabung dengan klub-klub besar Sumatera, Persekat akan buktikan “Tegal Ora Sepele”