in , ,

Iven Dibatalkan, Timnas Indonesia U-19 Gagal Main di Turnamen Toulon

Jakarta, bolabeten – Aksi timnas Indonesia U-19 berlaga di Turnamen Toulon, Prancis, pada Desember mendatang, dipastikan tidak terjadi. Panitia penyelenggara memutuskan untuk membatalkan ajang tersebut.

Semula, Turnamen Toulon dilaksanakan pada 1 sampai dengan 14 Juni 2020. Namun, karena terjadi pandemi virus corona di berbagai belahan dunia, panitia penyelenggara menundanya ke Desember.

Ternyata, pandemi virus corona di Eropa khususnya Prancis, hingga sekarang belum membaik. Bahkan, pemerintah Prancis sampai menerapkan jam malam untuk mengurangi penyebaran virus tersebut.

Situasi tersebut membuat panitia penyelenggara meniadakan Turnamen Toulon edisi ke-48 ini. Mereka tak mau menambil risiko karena dinilai terlalu berbahaya bila memaksakan menggelar ajang itu akhir tahun ini.

“Sebuah pukulan keras seperti yang dapat Anda bayangkan, tetapi kami akan kembali lebih kuat untuk menggelar turnamen ini pada 2021,” demikian pernyataan Komite Penyelenggara Turnamen Toulon dalam situs resminya.

“Kami sudah mulai mengerjakan persiapan Turnamen Toulon yang dijadwalkan dimulai 31 Mei hingga 13 Juni 2021, dengan tujuan memberikan kesempatan untuk persiapan negara-negara lolos ke Olimpiade Tokyo,” lanjut pernyatan tersebut.

Batalnya Turnamen Toulon, membuat timnas Indonesia U-19 mesti mengubah agenda pemusatan latihan (TC). Sebelumnya, pasukan Shin Tae-yong, menjadikan ajang tersebut sebagai persiapan menuju Piala Asia U-19 sekaligus Piala Dunia U-20 tahun depan.

Turnamen Toulon, bukan ajang baru yang diikuti timnas Indonesia U-19. Pada tiga tahun lalu skuad Garuda Muda, yang dilatih Indra Sjafri, sudah sempat menjadi kontestan.

Ketika itu, timnas Indonesia U-19 gagal mendapatkan kemenangan satu pun. Semua pertandingan yang dimainkan berakhir dengan kekalahan yakni dari Brasil 1-0, Republik Ceko 2-0, serta terakhir Skotlandia 2-1.

Kendati meraih hasil negatif, timnas Indonesia U-19 berhasil membawa satu gelar individual. Egy Maulana Vikri, dianugerahi Breakthrough Player, berkat penampilan yang diperlihatkannya selama turnamen tersebut digelar.

Saat ini timnas Indonesia U-19 masih berada di Kroasia. David Maulana dan kawan-kawan sudah menggelar TC di negara tersebut sejak 30 Agustus 2020.

Selama berada di Kroasia, timnas Indonesia U-19 melakukan 11 kali uji coba. Hasilnya, skuad Garuda Muda meraih lima kemenangan, tiga imbang, serta tiga laga lainnya berakhir dengan kekalahan.(*)

Sumber: goal.com Indonesia

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Benamkan Barcelona di Camp Nou, El Clasico Jadi Milik Los Blancos

Indonesia U-16 derita kekalahan kedua di uji coba versus Uni Emirat Arab U-16