in ,

Konfederasi Sepakbola Asia Resmi Umumkan Perubahan Titel dan Kategori Kejuaraan

Sepakbola Internasional

logo AFC/wikipedia

Kuala Lumpur, bolabeten – Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) melalui Sekretaris Jenderal, Dato Windshor John, resmi mengumumkan perubahan titel dan kategori usia Kejuaraan Asia.

Hal itu diinformasikan laman resmi AFC, pada Sabtu (3/10/2020) pagi. Ia menjelaskan bila sebelumnya kejuaran kelompok umur memakai titel AFC Championship, mulai tahun depan akan berubah menjadi dengan titel “Piala Asia”.

Menurutnya, perubahan zaman dan bergantinya generasi membuat AFC tak ingin ketinggalan dalam memasarkan kejuaraan yang dimiliki.

“Kami percaya perubahan mencerminkan status baru kompetisi dan dengan lebih memperkuat merek serta nilai komersial kompetisi kami. Perubahan ini kami percaya akan memberi manfaat yang signifikan buat AFC dan negara anggota,” katanya.

Perubahan merek ini juga diikuti tingkatan kelompok umur yang dipertandingkan. Titel AFC Championship U-16 misalnya, nantinya berubah menjadi Piala Asia U-17. Kemudian AFC Championship U-19 bertransformasi menjadi Piala Asia U-20. Sementara AFC Championship U-23, hanya berubah nama menjadi Piala Asia U-23.

Perubahan nama terbaru tersebut berlaku  mulai 2021. Dan tidak akan mempengaruhi turnamen kelompok usia yang ditunda pada 2020 akibat pandemi Covid-19. Dengan begitu, AFC Championship U-16 dan U-19 pada 2020 yang akan berlangsung pada awal 2021, akan menjadi edisi terakhir untuk kelompok umur tersebut.

“Bukan hanya namanya yang akan berubah, karena AFC sejalan dengan visi dan misi kami, akan terus meningkatkan dan berinvestasi di semua kompetisi untuk menyediakan platform terbaik bagi talenta Asia di semua level di tahun-tahun mendatang,” Windshor menambahkan.

Perubahan nama juga tidak hanya terjadi di sepak bola pria kelompok usia. AFC Futsal Championship, AFC Womens Futsal Championship, AFC U-20 Futsal Championship dan AFC Beach Soccer Championship juga akan berganti nama menjadi Piala Asia AFC setelah Komite Eksekutif AFC meratifikasi keputusan baru-baru ini oleh Komite Pemasaran AFC. Sementara kompetisi pertama yang mengusung nama baru ini adalah babak kualifikasi Piala Asia Wanita U-17 2022 dan Piala Asia Wanita U-20 2022. (*)

sumber: top skor id

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

4 gol dalam 5 laga, “Dembele” Ranah Minang ‘moncer’ di skuad Persikota Liga 3 2020

Persiraja “warning” PSSI, tidak ikuti kompetisi jika dilanjutkan pada Desember