in ,

Kalender sepakbola dunia berantakan, Presiden FIFA kucurkan dana Covid-19 kepada PSSI dan negara anggota lainnya

Rapat Virtual FIFA

Gianni Giantino, Presiden FIFA (sudut kiri atas) memimpim rapat virtual/dok. pssi org

Jakarta, bolabeten – Presiden FIFA (federasi sepakbola dunia) Gianni Infantino dalam rapat virtual bersama AFC (federasi sepakbola Asia) dan seluruh anggota AFF (federasi sepakbola Asia Tenggara), Rabu (29/7/2020) mengatakan akan memberikan dana bantuan Covid-19 kepada semua negara anggotanya.

Dana tersebut dikucurkan melalui tiga termin sebagai wujud solidaritas FIFA atas masifnya pandemi Covid-19 yang turut menghentikan aktifitas sepakbola dunia.

Gianni berharap federasi sepak bola negara-negara anggota FIFA bisa bersama-sama mengatasi Covid-19 dan melewati masa sulit ini.

“Jika diperlukan, FIFA juga memberikan kemungkinan dana pinjaman jangka panjang berdasarkan kesulitan yang dihadapi asosiasi sepak bola anggota kami,” kata Gianni.

Gianni menerangkan pandemi Covid-19 membuat organisasi sepak bola dunia melakukan berbagai perubahan pada kalender kegiatan persepakbolaan.

Perubahan-perubahan tersebut, yakni jadwal kualifikasi Piala Dunia 2022 yang seharusnya digelar Maret dan Juni lalu, bergeser ke Oktober dan November 2020.

Jadwal Piala Dunia Wanita U-17 yang seharusnya berlangsung di India pada 2-21 November 2020 diundur menjadi 17 Februari – 7 Maret 2021.

dok. pssi org

Piala Dunia Futsal yang sedianya berlangsung September 2020 di Lithuania pun diundur pada September-Oktober 2021.

Sementara, Kejuaraan Dunia Antar Klub yang semula terjadwal di Tiongkok, pertengahan 2021, harus diundur pada tahun berikutnya karena waktunya bersamaan dengan pagelaran Piala Eropa dan Copa America yang ikut mengalami pergeseran.

“Kongres FIFA yang seharusnya berlangsung September ini pun dengan terpaksa hanya digelar secara online,” kata Gianni.

FIFA pun terus menjalin koordinasi dengan WHO, dalam memonitor dan mengantisipasi pandemi Covid-19 yang masih melanda 216 negara di dunia ini.

“Kesehatan dan keamanan para pemangku kepentingan merupakan prioritas utama kita dalam bekerja,” pungkasnya di rapat virtual yang dihadiri Mochamad Iriawan, Ketua Umum PSSI (*)

sumber : pssi org

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Hadiri Rapat Virtual FIFA, Ketua Umum PSSI paparkan Persiapan Piala Dunia U-20 2021

Lanjutan Liga 2 2020: Jika Terpilih Jadi Tuan Rumah, Belum Tentu Main di Kandang