in ,

Didesak AFC, PSSI belum tentukan wakil Indonesia di Piala AFC 2021

PSSI

Logo Konfederasi Sepakbola Asia (AFC)/istimewa

Jakarta, bolabeten – Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) telah menjadwalkan kompetisi Piala AFC 2021 dengan memulai fase penyisihan grup pada 15 Februari sampai 6 November 2021.

Sedangkan babak kualifikasi direncanakan dimulai pada 5 Januari. Pada fase ini akan diikuti 20 tim dari perwakilan 20 negara, termasuk satu tim dari Indonesia.

Namun, PSSI belum bisa menetapkan wakilnya untuk Piala AFC 2021 karena kompetisi musim ini, Liga 1 2020, ditunda dan akan berlangsung pada 2021 karena pandemi Covid-19.

Namun, AFC masih berbaik hati. Walau tak ada kompetisi yang bisa menjadi refresentasi untuk penetapan wakil dalam ajang kontinental Asia ini, AFC meminta PSSI menetapkan.

PSSI mengatakan, AFC mendesak nama klub untuk Piala AFC 2021, yang langsung ke putaran final dan satu lewat play-off, paling akhir diserahkan pada 22 Desember.

“Untuk permasalahan ini, kami akan putuskan dalam rapat Exco (Komite Eksekutif) PSSI,” kata pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi.

Kapan Exco PSSI akan berlangsung? PSSI belum bisa menetapkan tanggal. Namun, pada November atau Desember 2020 ini PSSI telah mengagendakan pertemuan Exco.

Pertemuan tersebut sekaligus untuk menetapkan tanggal pelaksanaan kongres tahunan PSSI yang akan berlangsung pada 2021. Biasanya kongres berlangsung pada awal tahun.

Sementara itu, kabar beredar, klub-klub kontestan Liga 1 2020 rela jatah tampil di Piala AFC 2021 kembali diberikan kepada Bali United dan PSM Makassar.

Bali United adalah juara Liga 1 2019 dan PSM merupakan jawara Piala Indonesia 2018-2019. Keduanya tampil dalam Piala AFC 2020 yang dibatalkan di tengah jalan.

Hanya saja, keputusan resmi akan ditetapkan klub saat pertemuan dengan PT Liga Indonesia Baru untuk membahas kelanjutan kompetisi, yang lantas diberikan ke PSSI. (Skor ID)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

OPINI : Intropeksi dirilah para pembina dan pelatih! Apakah perlu pinjam pemain SSB lain di setiap turnamen?

Innalillahi Wa Innalillahi Rojiun.. Daryono, Kiper Badak Lampung FC meninggal dunia, Senin Subuh