in ,

Bertarung Ketat dan Keras, Timnas Indonesia U-19 kalah tipis (0-1) kontra Bosnia Herzegovina U-19

Sepakbola Nasional

Starter 11 Timnas Indonesia U-19 vs Bosnia/Foto: Media PSSI

Kroasia, bolabeten – Pertandingan uji coba lanjutan Timnas Indonesia U-19 di pemusatan latihan (Training Center/TC) di Kroasia, Jum’at malam (25/9/2020), melawan Bosnia-Herzegovina, berakhir dengan kekalahan (0-1)

Tampil dengan formasi pemain debutan sesuai janji pelatih Shin Tae-yong, Indonesia U-19 hanya menyisakan kapten David Maulana di starter eleven.

Di posisi penjaga gawang, Erlangga Saputra, kwartet pertahanan Bayu Fikri, Ahmad Rusadi, Komang Tri, Yudha Febrian, lini tengah Andi Irfan, Andre Oktaviansyah, David Maulana, Sandi Arta dan duet penyerang Jack Brown, M. Bahril Fahresa

Pertandingan langsung berjalan dalam tempo yang agak cepat sejak awal laga. Indonesia mengandalkan umpan-umpan pendek dan kecepatan untuk menghadapi para pemain Bosnia yang rata-rata memiliki postur lebih tinggi.

Skuad Garuda Muda mendapatkan kesempatan bagus pada menit 12. Sayangnya, umpan matang yang dilepaskan dari sisi kanan pertahanan Bosnia belum mampu dimaksimalkan dengan sempurna oleh Andre Oktaviansyah. Bola melenceng tipis dan gagal membuahkan gol pembuka.

Menit 16, gantian Bosnia yang nyaris unggul terlebih dulu. Bermula dari skema sepak pojok yang berlanjut dengan sundulan umpan, bola jatuh di kaki salah seorang pemain Bosnia di depan gawang Indonesia. Beruntung, bek-bek Indonesia masih bisa menjauhkan bola.

Namun, petaka benar-benar terjadi dua menit berselang. Bola tendangan bebas Ivan Basic dari jarak yang cukup jauh mencoba dihalau oleh barisan pemain Indonesia namun justru masuk ke gawang sendiri. Bosnia unggul 0-1 di menit 18.

Hujan mulai mengguyur lapangan. Tempo permainan pun sedikit melambat. Situasi seperti ini sedikit menguntungkan bagi Bosnia yang lebih mengandalkan bola-bola atas dan sulit diantisipasi oleh para pemain Indonesia.

Bosnia terus mendominasi permainan dan dengan leluasa mendistribusi bola sebelum melancarkan serangan. Peluang sempat muncul pada menit 34 lewat tendangan jarak jauh namun masih menyamping di sisi kanan gawang Erlangga Saputra.

Indonesia sesekali membalas tekanan. Menit 37, David Maulana melepaskan umpan terobosan yang cukup baik ke pertahanan Bosnia, hanya saja Bayu Fikri yang seharusnya menerima bola kurang mampu melakukan kontrol sehingga bola keluar.

Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan babak pertama, tidak ada tambahan gol yang tercipta. Jeda laga, skor (0-1).

Di babak kedua, Shin Tae-yong merubah komposisi pemain. Para pemain yang biasa diandalkan pada laga-laga uji coba sebelumnya di Kroasia dimasukan untuk menandingi permainan Bosnia-Herzegovina U-19.

Keberadaan Witan Sulaeman dan Brylian Aldama yang bekerja sama dengan David membuat lini tengah lebih terkoordinir. Bagas Kaffa dan Pratama Arhan juga turut menambah kemampuan serang. Pada menit ke-53 Irfan Jauhari mendapat peluang, namun sepakannya masih melebar dari sasaran.

Memasuki menit ke-64 Bosnia U-19 harus bermain dengan 10 orang setelah Amar Drina mendapat kartu merah lantarn melanggar Irfan Jauhari.

Unggul jumlah pemain, Timnas Indonesia U-19 tampil lebih agresif dan melancarkan serangan lebih sering.

Sadar bermain melawan 10 pemain, David Maulana dan kawan-kawan semakin berani untuk terus melancarkan serangan bertubi dari berbagai sisi. Penguasaan bola berhasil diambil alih, Bosnia dikepung dan dipaksa lebih banyak melancarkan serangan melalui serangan balik.

Namun dari sekian banyak tekanan yang diberikan dan peluang yang ada, tak ada satu pun gol yang mampu diciptakan. Hingga peluit panjang laga dibunyikan, tidak ada lagi gol yang tercipta. Indonesia harus mengakui keunggulan Bosnia (*).

Daftar Susunan Pemain
INDONESIA U-19 : Erlangga Setyo (GK), Bayu M Fiqri, Ahmad Rusadi, Komang Tri, M Yudha Febrian; Andi Irfan, Andre Oktaviansyah, David Maulana, Sandi Arta Samosir; Jack Brown, M Bahril Faresa.

Cadangan: M Adysatriyo, Pratama Arhan, Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Witan Sulaeman, Khairul Imam Zakiri, Komang Teguh, Irfan Jauhari, Yofandani Pranata, Braif Fatari, Saddam Gaffar.

Bosnia-Herzegovina U-19: Nikola Cetkovic (GK) Luka Jankovic, Patrick Bosnjak, Salih Husic, Amar Drina, Aid Tabakovic, Adi Alic, Faruk Durakovic, Ivan Basic, Niksa Silic, Alden Suvalija.

Cadangan: Strahinja Manojlovic, Omar Beca, Amar Tahric, Ajdin Jusupovic, David Cavic, Dejan Popara, Lejs Plicanic, Viktor Paleznica, Nail Omerovic.

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Elkan Baggott gabung ke Training Center Timnas Indonesia U-19 di Turki, Bulan Depan

Rumor akan Dipinjam Semen Padang FC, Jandia Eka Putra Membantah dengan Tegas