in ,

Inspirasi: Mesut Ozil, Pejuang Muslim dari Lapangan Hijau

Jakarta, Bola beten – Gelandang Arsenal dan Timnas Jerman, Mesut Ozil, merupakan satu dari sekian banyak pemain muslim di Liga Inggris, atau satu dari beberapa pemain top dunia yang beragama Islam.

Nuansa Islam dan muslim itu sangat kental dalam diri Ozil, dan cukup mudah dilihat orang lain. Sekalipun bagi mereka yang baru tahu siapa Ozil. Pemain berkewarganegaraan Jerman itu memiliki ritual selalu menyempatkan waktu untuk berdoa sebelum memulai pertandingan dengan mengangkat kedua tangannya.

“Saya selalu membaca Al Quran sebelum masuk ke lapangan. Ini benar-benar membantu saya tetap fokus,” ujar Ozil dikutip dari Daily Star.

“Saya berdoa, dan teman-teman saya yang tahu itu tidak akan berbicara kepada saya selama periode tersebut,” ucap Ozil menambahkan.

Gelandang kelahiran Gelsenkirchen tersebut begitu cinta dengan Islam. Kecintaannya itu tidak saja ditunjukkan dengan berdoa sebelum pertandingan, tetapi juga ketika lagu kebangsaan dikumandangkan.

Di saat pemain timnas Jerman lain menyanyikan lagu kebangsaan, Ozil justru memilih berdoa dalam bahasa Turki, yang menjadi tanah leluhurnya. “Saya berdoa ketika bangun, setelah makan, dan selama lagu kebangsaan,” kata Ozil dikutip dari Hindustan Times.

Tidak sedikit unggahan Ozil di media sosial miliknya yang menunjukkan kedekatan dengan Islam. Ozil tahu betul dengan sering berdoa, maka dia akan dekat dengan Allah.

Berdoa dan bersyukur seperti magnet yang melekat dalam diri Ozil. Mantan pemain Werder Bremen dan Real Madrid itu berdoa sebelum pertandingan, tetapi dia juga lantas bersujud di lapangan ketika mencetak gol, dan mengucap syukur seusai laga, terlebih lagi ketika timnya menang.

Ozil menunjukkan itu dalam sejumlah unggahannya di Instagram atau pun Twitter. Setelah Arsenal mengalahkan Leicester City 3-1 di Liga Inggris, Ozil mengunggah foto yang tengah bersujud di lapangan disertai dengan keterangan foto ‘Alhamdulillah’. Dalam pertandingan itu ia menyumbang satu gol.

Kebahagiaan Ozil memiliki Islam tidak dinikmatinya sendiri, melainkan dibagi kepada orang lain, terutama pengikutnya di Instagram. Salah satunya ketika memiliki Kiswah atau penutup Ka’bah.

“Sebuah kehormatan dan keistimewaan memiliki bagian khusus dari Kiswah yang menutupi Ka’bah di Makkah di rumah saya di London,” tutur Ozil.

Seperti kebanyakan umat muslim lainnya, Ozil juga termasuk pesepakbola yang gemar beramal. Terakhir, Ozil bersama dua bintang Chelsea, N’Golo Kante dan Antonio Rudiger, memberikan bantuan berupa 60 ribu masker ke negara dengan mayoritas penduduk muslim, Sierra Leone, dalam mengatasi virus corona.

Perjuangan Ozil menegakkan Islam tidak selalu mulus. Pemain yang pernah berkostum Real Madrid ini juga pernah terseret dalam pusaran kontroversi karena membela kaum muslim Uighur di China pada pertengahan Desember 2019.

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

20 Klub Serie A Italia Satu Suara: Tuntaskan Musim 2020!

Juara MotoGP Sepanjang Masa: “The Doctor” Masih Pegang Rekor, Marquez Bersiap Susul Legenda