in , ,

Inggris Lockdown, Program Garuda Select III Tetap Berjalan

Sepakbola Nasional

Tim Pelatih Garuda Select II/Foto: Media PSSI

Inggris, bolabeten – Pemusatan latihan yang dilakukan para pemain Garuda Select III saat pandemi Covid-19 ditengah-tengah pemberlakuan lockdown di Inggris, tetap berjalan.

Selain latihan, mereka juga mengisinya dengan berbagai kegiatan yang bisa dilakukan, Jumat (5/2/2021).

Tim pelatih juga membeberkan kiat-kiatnya dalam membuat para pemain tidak jenuh. Salah satunya, untuk menghilangkan kejenuhan latihan sepak bola, pemain juga difasilitasi dengan adanya turnamen kecil pertandingan sepak bola virtual, melalui video game.

Kegiatan semacam ini memang dibutuhkan untuk mengurangi kejenuhan di tengah agenda latihan yang padat dan intensif. Faiz Maulana berhasil keluar sebagai pemenang.

Selain itu, para pemain juga bisa menghabiskan waktu bersama di luar lapangan dan membicarakan hal-hal lain. Meski demikian, mereka tetap fokus menyiapkan diri untuk latihan selanjutnya. “Kalau dari segi persiapan, menurut saya sekarang kami jauh lebih siap. Terutama dari aspek fisik karena kemarin sudah digenjot habis-habisan. Sekarang tinggal memperbaiki segi teknik seperti sentuhan bola dan sebagainya,” cerita Faiz.

Selain kegiatan tersebut, Asisten pelatih tim Garuda Select, Danny Holmes, mengungkapkan kiat-kiatnya dalam melatih ditengah lockdown yang tengah berlangsung di Inggris. “Ketika tidak menjalani pertandingan, Anda harus terus berlatih dan menjaga kebugaran. Ini adalah kesempatan yang hebat bagi kami untuk melakukannya,” katanya.

“Kami harus memastikan ketika pertandingan sudah bisa kembali digelar, kami siap 100 persen untuk menjalaninya,” lanjut dia.

Perbedaan cuaca maupun iklim serta gaya permainan membuat semua pemain harus kerja ekstra keras. “Kami akan menghadapi tim-tim yang bagus (setelah lockdown berakhir). Jadi, waktu yang ada harus dimanfaatkan dengan maksimal. Beberapa pekan ke depan adalah peluang yang sangat baik bagi kami untuk berlatih dan mempersiapkan diri,” jelas Holmes.

Para pemain Garuda Select di Inggris sejauh ini melakukan latihan yang cukup berat, dimulai dari pagi dan dilanjutkan sore harinya. Begitu seterusnya.“Kami telah menyiapkan program pra-musim, termasuk program kebugaran di gym, seperti angkat beban dan uji keseimbangan yang akan dijalankan oleh Jake (Fitzsimmons, pelatih fisik). Terdapat juga latihan lari. Setelah itu, mereka akan bermain dengan bola pada sore harinya,” pungkas Holmes.

Di sisi penjaga gawang, pelatih kiper mereka, Phil Smith mengatakan, ada perkembangan positif. “Mereka memperlihatkan peningkatan pada beberapa aspek seperti kecepatan, tangkapan, dan komunikasi. Mereka juga lebih sering melakukan penyelamatan. Memang masih banyak yang harus diperbaiki tetapi perkembangan mereka sudah sesuai rencana. Tentu hal ini menggembirakan untuk kami,” kata Smith.

“Saat ini kami sedang fokus melatih komunikasi dan latihan menangkap. Ini penting agar mereka lebih percaya diri saat bertanding nanti. Mereka juga jadi lebih terbiasa dalam mengantisipasi serangan, bagaimana mendistribusi bola dan sebagainya. Untuk sementara ini, hal itu yang menjadi fokus utama,” ungkapnya.

Di masa lockdown sekarang, hal-hal seperti mengisi waktu dengan bermain video game bersama seperti ini dirasakan cukup membantu agar pemain tetap dalam suasana hati yang senang, selain dari latihan rutin sepak bola di lapangan.

Sehingga, nantinya ketika mereka kembali berlatih, para pemain tetap berlatih dalam suasana hati yang bagus dan lebih siap menjalankan semua materi program latihan yang diberi oleh tim pelatih (*)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Dua SSB ini Pemuncak Klasemen Pekan ke-V Liga Anak U-15 Kota Padang

TC Sea Games Timnas Indonesia Dimulai