in ,

Idul Fitri Ditengah Corona , Indra Sjafri Sedih Tak Bisa Lanjutkan Tradisi

YOGYAKARTA, bolabeten – Momen kemenangan di hari Raya Idul Fitri selalu dinantikan oleh warga muslim di seluruh dunia. Tak terkecuali Indonesia dengan pemeluk agama Islam terbanyak di Dunia.

Pada momen lebaran banyak hal suka cita yang biasa dilakukan. Namun pada momen lebaran tahun ini tampaknya akan jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Akibat pandemi Covid-19, Pemerintah mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap penyebaran virus Corona.

Shalat Idulfitri pun tak bisa dilangsungkan di sejumlah tempat, tergantung kondisi wilayah bersangkutan masuk di zona merah, biru, atau hijau. Silaturahmi usai shalat Idul Fitri pun dibatasi dengan tetap menjaga Physical distancing. Pemerintah juga masih melarang warganya untuk mudik demi menghindari penyebaran yang lebih masif.

Hal ini juga berdampak pada tradisi yang hampir selalu dilakukan Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri setiap momen lebaran. Untuk tahun ini, Indra Sjafri mengaku tak bisa melakukan ziarah ke makam ibunda di Pekanbaru, Riau.

“Tahun ini terpaksa tak bisa pulang ke Pekanbaru. Hal yang selalu saya lakukan di setiap lebaran adalah ziarah ke makam ibu,” kata Indra Sjafri. “Tidak hanya pas lebaran saja sebenarnya saya ziarah ke makam ibu. Termasuk kalau mau turnamen dan pertandingan penting saya selalu ziarah dulu.”

Meski berasal dari Sumatera Barat, Indra mengaku keluarga besarnya lebih banyak berada di Pekanbaru. Untuk tahun ini Indra mengaku akan tetap stay di Yogyakarta, mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak mudik.

Mengenai shalat Idulfitri, Indra mengatakan masih menunggu arahan pemerintah daerah setempat. Jika tak memungkinkan, Indra akan shalat Idulfitri di rumah bersama istri, anak dan menantunya. “Saat ini masih menunggu pengumuman soal shalat Idulfitri bisa secara besar-besaran atau tidak. Tapi sepertinya di rumah saja, paling aman,” ujar Indra memungkasi.(*)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Subsidi PT LIB Cair, “Kabau Sirah” Langsung Bayar Gaji Pemain

Malam Takbiran Nonton Bundesliga Jerman di Rumah Saja, Ini Jadwal Pertandingannya