in ,

Hasil Final 1 Piala Menpora: Dua Gol Kilat Persija Bungkam Persib

Modal besar dikantongi pasukan Macan Kemayoran untuk laga final kedua

Persija jakarta, sukses menang atas Persib Bandung di laga final pertama Piala Menpora. (foto: LIB)

Sleman, bolabeten – Persija Jakarta diambang juara Piala Menpora 2021, setelah dua gol kilat di awal babak pertama sukses membungkam Persib Bandung 2-0, dalam laga 1 final, Kamis (22/4) malam di Stadion Maguwohardjo, Sleman.

Modal besar dikantongi pasukan Macan Kemayoran untuk laga final kedua. Dua pemain muda Persija, Braif Fatari dan Taufik Hidayat muncul sebagai aktor utama kemenangan tim, lewat gol cepat di awal babak pertama.

Braif Fatari membuka kemenangan Persija berkat kejeliannya menempatkan bola untuk menaklukkan penjaga gawang Persib, I Made Wirawan.

Gol cepat yang tercipta saat laga baru berjalan 32 detik itu kemudian disusul gol striker jebolan Persija U-20, Taufik Hidayat.

Pada menit ke-7, ia menambah keunggulan Macan Kemayoran memanfaatkan umpan matang Riko Simanjuntak dari sisi kanan pertahanan Persib.

Kemenangan ini menjadi bekal sangat baik untuk Persija sebelum melakoni laga leg kedua final Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4).

Babak Pertama
Tempo tinggi langsung tersaji pada final leg pertama Piala Menpora 2021 antara Persija Jakarta melawan Persib Bandung.

Macan Kemayoran benar-benar memberikan kejutan bagi Persib di awal babak pertama. Terbukti, dua gol cepat berhasil disarangkan pasukan Sudirman.

Bahkan laga baru berjalan 32 detik, Persija sudah unggul atas Persib. Gelandang muda Persija Braif Fatari mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan kemelut di dalam kotak penalti.

Dengan sekali kontrol, pemuda asal Papua tersebut langsung melakukan shooting keras dengan kaki kiri yang gagal diantisipasi oleh kiper Persib Made Wirawan.

Unggul satu gol tak lantas membuat Persija puas. Sementara lini belakang Persib belum sepenuhnya fokus, Persija kembali mencuri gol juga lewat pemain muda mereka.

Kali ini striker jebolan Persija U-20 Taufik Hidayat membawa Persija menjauh lewat golnya pada menit ketujuh.

Memanfaatkan umpan silang Riko Simanjuntak dari sisi kiri, Taufik yang berdiri bebas tak berpikir lama untuk menghujamkan tembakan terarah yang juga tak mampu dihalau Made Wirawan.

Tertinggal dua gol, permainan Persib justru sulit untuk berkembang. Tak banyak peluang yang bisa diciptakan Persib selama babak pertama.

Bahkan tercatat, tak ada satu pun shoot on target yang diciptakan pasukan Maung Bandung yang membahayakan gawang Andritany Ardhiyasa.

Serangan kilat lewat akselerasi Febri Hariyadi juga belum menemui targetnya. Justru Persija kembali mendapatkan peluang menambah pundi gol lewat Osvaldo Haay.

Beruntung, sepakan Osvaldo masih membentur kaki Nick Kuipers pada menit 26. Peluang emas kembali didapat Taufik Hidayat di penghujung babak pertama.

Namun sayang, sepakannya masih melenceng sedikit dari gawang Made Wirawan. Skor 2-0 untuk keunggulan Persija bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Tertinggal dua gol memaksa Persib Bandung untuk lebih berani menyerang. Pelatih Persib Robert Rene Alberts pun melakukan kontra strategi dengan memainkan dua pemain tipikal menyerang dan satu gelandang senior di awal babak kedua.

Ketiga pemain tersebut adalah Beckham Putra Nugraha, Esteban Vizcarra, dan Dedi Kusnandar. Hasilnya mulai terlihat.

Persib membukukan dua peluang beruntun dari tendangan salto Wander Luiz dan percobaan Frets Butuan dari luar kotak penalti.

Namun belum ada gol balasan yang dicetak Maung Bandung. Peluang emas didapat Wander Luiz pada menit 58.

Umpan silang matang Frets Butuan berhasil disundul Wander Luiz, namun Tony Sucipto berdiri di posisi tepat untuk menghalau bola tersebut.

Peluang lagi didapat Persib lewat Esteban Vizcarra pada menit 68. Namun lagi-lagi upayanya masih belum menembus tembok kokoh pertahanan Persija.

Winger naturalisasi tersebut kembali mendapatkan peluang sebelum cooling break babak kedua. Tendangannya yang sudah tepat sasaran masih berhasil diamankan Andritany Ardhiyasa.

Memasuki menit ke-80, Persija mendapat banyak peluang yang masih gagal dimaksimalkan oleh Simic, Riko ataupun Osvaldo Haay.

Jelang laga bubaran, kedua tim semakin intens jual-beli serangan, namun hingga peluit panjang akhir pertandingan dibunyikan, tidak ada lagi gol.

Susunan Pemain

Persija (4-3-3): Andritany Ardhiyasa; Marco Motta, Maman Abdurahman, Tony Sucipto, Novri Setiawan; Marc Klok, Braif Fatari, Rohit Chand; Riko Simanjuntak, Taufik Hidayat, Osvaldo Haay
Pelatih: Sudirman

Persib (4-4-2) : Made Wirawan; Supardi, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Ardi Idrus; Febri Hariyadi, Farshad Noor, Abdul Aziz, Frets Butuan; Ezra Walian, Wander Luiz
Pelatih: Robert Rene Alberts

Sumber.skor.id

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Tuan rumah POMNAS 2022, BAPOMI Sumbar akan Gelar POMDA tahun 2021 ini

Pelatih muda potensial Sumbar kembali naik ‘grade’ ke klub Profesional