in , ,

Garuda Select vs Swindon Town U-18, Selasa (13/4/2021)

Sepakbola Nasional

Garuda Select (putih)/Foto: Media PSSI

Inggris, bolabeten – Hasil seri yang didapat oleh skuat Garuda Select dari beberapa pertandingan, membuat para pemain mendapatkan pelajaran berharga.

Untuk itu, menjelang laga uji coba berikutnya melawan Swindown Town U-18 pada Selasa (13/4/2021), beberapa pemain pun ingin memaksimalkan persiapan mereka dengan latihan dan memperbaiki kekurangan di beberapa pertandingan sebelumnya.

Salah satunya adalah Faiz Maulana, yang mencetak satu gol ke gawang Cheltenham. Menurutnya, tantangan terbesar dalam pertandingan justru seringkali datang dari diri sendiri dan ada beberapa hal yang harus diperbaiki. “Pelajaran yang kami ambil pada dua pertandingan kemarin adalah sebisa mungkin harus bisa menghindari pelanggaran. Kemudian selalu menekan lawan di area mana pun kami berada, dan jangan memberi lawan peluang tendangan bebas,” kata Faiz.

Bagi Ridho Syuhada, yang mencetak satu gol ketika menghadapi Mansfield, punya pendapat yang hampir sama soal evaluasi yang harus dilakukan. “Kami harus menghindari pelanggaran-pelanggaran yang tidak perlu. Jika itu terjadi maka lawan akan memanfaatkan postur besar mereka lewat bola mati. Fokus dan komunikasi juga harus lebih ditingkatkan lagi,” cetusnya.

Sementara itu, Rendy Sanjaya lebih memilih untuk menambah porsi latihan agar lebih kuat dan bugar saat pertandingan. Meningat lawan-lawan yang dihadapi juga memiliki kekuatan fisik yang prima. “Saya memutuskan untuk menambah porsi latihan sendiri dengan spin bike supaya nanti ketika bertanding bisa berada dalam kondisi yang lebih fit,” jelasnya.

Dari sisi pelatih, Des Walker memberikan saran kepada para pemainnya. Meski dirinya sudah senang melihat semangat yang ada dari para pemainnya dari pertandingan sebelumnya. Menurutnya, para pemain Garuda Select kini tinggal meningkatkan beberapa aspek untuk bisa terus memperbaiki kualitas permainan. “Para pemain perlu untuk tetap bisa menjaga ritme dengan baik di tengah jadwal pertandingan yang ada sekarang. Pertandingan nanti jelas akan menjadi tantangan bagi mereka. Tapi dengan pengalaman di pertandingan-pertandingan sebelumnya, saya yakin mereka tahu apa yang harus dilakukan,” kata Des.

“Jadi intinya sekarang mereka harus bermain maksimal dan menunjukkan kemampuan terbaik mereka. Jika mereka bisa mengalirkan bola dengan baik, tentu gol akan datang dengan sendirinya. Kemudian lini belakang harus lebih diperketat lagi. Saya sangat berharap akan ada perbaikan di pertandingan besok.”

Des Walker juga menambahkan, para pemain juga harus bisa mengambil keputusan yang tidak merugikan tim. Salah satunya adalah menghindari pelanggaran yang menghasilkan tendangan bebas. Seperti gol pertama Cheltenham di pertandingan yang sebelumnya. “Dari sudut pandang bertahan, masih ada beberapa pemain yang melakukan tekel dari arah yang salah. Hal itu menyebabkan lawan mendapatkan tendangan bebas dengan mudah. Para pemain harus lebih bersabar baik saat bertahan maupun ketika mengalirkan bola,” jelasnya.

“Mereka akan terus membiasakan diri dengan permainan fisik tim-tim di Inggris. Jika sudah semakin terbiasa dengan itu maka kepercayaan diri akan semakin meningkat dan bisa lebih mengontrol permainan sesuai keinginan kita.” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

TC Timnas Senior di awal Mei, PSSI Panggil Pemain akhir April Ini

PB PON dan Peserta CdM Bantu Korban “Badai Seroja” di NTT