in ,

Kilas Balik : Futsal Dunia bermula tahun 1930, berkembang pesat di seluruh penjuru Bumi

Sejarah Futsal

Juan Carlos Ceriani, penemu permainan futsal/istimewa

Padang, bolabeten – Mengenal sejarahnya, futsal dari pengertian kata diambil dari bahasa Spanyol yaitu Futbol yang maksudnya adalah sepakbola dan Sala yang artinya ruangan. Sehingga, futsal itu diartikan sepakbola yang dimainkan di ruangan.

Permainan yang dimainkan oleh 2 tim. Masing-masingnya dihuni lima orang pemain di dalam lapangan. Sama halnya dengan sepakbola, permainan futsal juga bertujuan memasukan bola ke gawang lawan.

Olahraga permainan futsal sampai sekarang ini telah berkembang dan makin maju (termasuk di Indonesia) di seluruh penjuru dunia. Futsal pun telah diatur oleh federasi sepakbola internasional yang biasa disebut FIFA.

Tetapi, siapa penemu permainan futsal ini ?

Ia adalah Prof. Juan Carlos Ceriani. Pria kelahiran Buenos Aires, Argentina 9 Maret 1907. Profesor yang juga seorang guru pendidikan jasmani dan olahraga, lulusan sebuah institusi bernama YMCA yang sekarang disebut Federasi Amerika Latin.

Karir mengajarnya cemerlang di YMCA of Buenos Aires (Argentina) pada 1928-1929. Dan hantarkan Ia melatih timnas sepakbola Portugal yang saat itu sedang melakukan persiapan mengikuti Piala Dunia yang pertama, tahun 1930 di Montivideo, Uruguay.

Dimasa persiapan Timnas Portugal disanalah Ceriani menemukan permainan futsal. Cuaca Montivideo yang sering tidak bersahabat. Acap diguyur hujan. Ia memindahkan latihan dari lapangan ke dalam gymnasium (dalam ruangan). Yang kemudian menjadi berkah lahirnya permainan futsal.

Portugal gagal di Di Piala Dunia 1930. Tuan rumah Uruguay mengangkat Piala Julius Rimet untuk pertama kalinya.

Ketika Ceriani dipindah kesana selaku pengajar di Departemen Olahraga dan Jasmani di YMCA College Montivideo. Uruguay masih dilanda gila bola usai menjuarai Piala Dunia (World Cup) pertama.

Euforia yang membuat anak-anak disana, saban hari memainkan sepakbola. Tapi minimnya lapangan sepakbola dan kadang cuaca yang juga masih sering hujan. Sang profesor memindahkan permainan sepakbola ke dalam ruangan.

Lagi, Ia melihat persoalan. Permainan bola yang dilakukan anak-anak tersebut tidak beraturan dan cenderung kasar di ruangan yang kecil.

Profesor olahraga ini mulai meneliti dan berpikir untuk cara permainan. Mengatasi persoalan sepakbola di ruangan tertutup dan lapangan yang kecil dengan menggabungkan cara-cara bermain olahraga lain, seperti Hand Ball, Basket Ball dan Polo Air.

Permainan futsal pun ditemukan. Dan ketiga cabang olahraga inilah yang mendasari terciptanya dasar-dasar permainan futsal seperti sekarang ini.

Olahraga Futsal ini mendapat banyak perhatian dan selanjutnya menyebar ke seluruh Amerika Selatan. Perkembangan futsal terpesat di negara Brasil. Tapi, memerlukan waktu hampir 2 (dua) dasawarsa agar futsal dapat diakui.

Hanya saja, di masa perkembangan futsal terhambat karena tidak adanya aturan baku yang mengatur permain ini secara internasional. Hal ini terungkap ketika terjadi pertemuan beberapa tokoh Futsal di Sao Paulo, Brasil.

Untuk mengatasi hal ini, pada tahun 1935 dimulailah pertemuan marathon dengan beberapa tokoh Futsal untuk merumuskan bagaimana futsal dimainkan. Karena kondisi terutama ukuran lapangan yang lebih kecil dari sepakbola, maka harus ada perbedaan peraturan antara sepakbola dan futsal.

Setelah perjalanan panjang perumusan tersebut, akhirnya pada pertengahan tahun 1936 dikeluarkanlah peraturan Futsal pertama di dunia yang isinya tidak jauh beda dengan peraturan FIFA yang sekarang.

Pada tahun 1954 aturan futsal dibakukan. Sampai sekarang ini, (2020) terus mengalami perbaikan dan perubahan peraturan untuk kompetitifnya pertandingan futsal di semua penjuru dunia. (*)

sumber : dari penelusuran daring tentang futsal

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Prediksi: Athletic Bilbao vs Real Madrid, Selangkah Lebih Dekat Menuju Podium Juara

Kilas Balik : Futsal Indonesia dimulai era Reformasi, peringkat 2 “Google Trend” pada 2015