in ,

Ketua AFP Sumbar Ungkapkan Sistim Liga Pro Diubah, Tak ada Liga Futsal Nusantara di 2020

Federasi Futsal Indonesia

Ketua Asosiasi Futsal Sumbar, H. Yasman Yanusar

Jakarta, bolabeten – Tahun 2020 ini dipastikan tak ada lagi Liga Futsal Nusantara (LFN) karena belum kondusifnya situasi dan kondisi Indonesai dari pandemi virus corona (Covid-19) hingga sekarang ini.

Keputusan tersebut terungkap dalam rapat koordinasi FFI dengan 34 Asosiasi Federasi Futsal Provinsi (AFP) se-Indonesia, Jum’at (3/7) lalu.

Ketua AFP Sumbar, H. Yasman Yanusar yang mengikuti pertemuan via zoom meetting iepada bolabeten, Sabtu (11/7/2020) membenarkan keputusan FFI tersebut.

Pak Haji, sapaan familiarnya, menerangkan pembatalan LFN 2020 juga karena perubahan sistim kompetisi profesional, Pro Futsal League (PFL) di musim 2021 menjadi kompetisi penuh yang diikuti 12 klub kontestan musim ini yang bertahan. 4 tim lainnya, degradasi.

“Ya, Liga Nusantara (Linus) untuk tahun ini tidak jadi diselenggarakan. Dibatalkan karena Covid-19. Pembatalkan itu, secara otomatis meniadakan promosi ke Liga Pro 2021 karena federasi juga merubah sistim kompetisi profesional di tahun depan,” terangnya.

Pak Haji menyebutkan untuk kelanjutan Liga Pro 2020 yang masih menyisakan beberapa pertandingan penyisihan grup dan Babak Final Four di bulan November nanti tanpa penonton.

Sementara ganti Linus, FFI berencana gelar Piala Presiden antar AFP se-Indonesia dengan ketentuan bebas umur cuma bersyarat KTP asal Provinsi masing-masing.

“Kelanjutan Liga Pro 2020 di bulan November. Dan ada perubahan sistim Liga Pro di tahun depan. Imbasnya, pembatalan Linus. Rencananya diganti jadi Piala Presiden antar AFP se-Indonesia,” jelasnya.

Selain kompetisi internal, Pak Haji menyampaikan hal lainnya. Yaitu Sekjen FFI, Edhi Prasetyo di pertemuan virtual memaparkan akan meminta KONI untuk memasukan cabang olahraga (cabor) futsal di sejumlah hajatan multi event, seperti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA), Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL).

“Pak Edhie, mengatakan akan berkomunikasi dengan KONI Pusat untuk meminta futsal dapat meramaikan gelaran muliti event berjenjang, seperti POPDA dan POPWIL serta POPNAS dan lain-lainnya di tahun 2021. Tujuannya supaya pemain-pemain muda dan pelajar dapat unjuk kemampuan di ajang itu ,” ucap Pak Haji, menutup pembicaraan.

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Geger! Rekor Dunia 200 Meter Usain Bolt Pecah, Ternyata Noah Lyles Berlari Hanya 185 Meter

Kilas Balik : Ternyata FIFA mengambil alih Futsal dari Asociacion Mundial de Futsal (AMF)