in , , ,

FIFA Resmi Batalkan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia

Sepakbola Internasional

foto: istinewa

Jakarta, bolabeten – FIFA resmi mengumumkan pembatalan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia dan Piala Dunia U-17 tahun di Peru pada tahun 2021.

FIFA menyatakannya di laman resmi federasi, Kamis (24/12/2020). Alasan yang mendasari keputusan itu adalah akibat pandemi COVID-19 yang terus menghadirkan tantangan bagi penyelenggaraan acara olahraga internasional serta berdampak pada pembatasan perjalanan internasional.

FIFA secara teratur telah berkonsultasi dengan para pemangku kepentingan, termasuk Asosiasi Anggota tuan rumah serta Konfederasi yang terlibat dalam kedua turnamen yang semula dijadwalkan berlangsung pada tahun 2021. Tetapi, situasi global saat ini gagal untuk dinormalisasi ke tingkat yang memadai dalam mengatasi tantangan terkait dengan penyelenggaraan kedua turnamen, termasuk kelayakan jalur kualifikasi yang relevan.

Meski penyelenggaraan di tahun 2021 diputuskan batal. Namun, FIFA tetap menunjuk Indonesia dan Peru sebagai tuan rumah edisi dua tahun berikutnya, 2023.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menanggapinya dengan mengapresiasi dan menghormati keputusan FIFA. Mengingat kelancaran acara serta keselamatan dan keamanan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan adalah prioritas utama.

“Sebetulnya seluruh persiapan terkait penyelenggaraan dan menyambut Piala Dunia U-20 Indonesia tahun 2021 sudah kami lakukan dengan maksimal dan matang. PSSI menghormati dan mendukung keputusan FIFA untuk membatalkan Piala Dunia U-20 FIFA pada tahun 2021. Bersama dengan FIFA, INAFOC, dan kota-kota tuan rumah di seluruh Indonesia, PSSI berharap dapat bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan untuk menyelenggarakan turnamen edisi berikutnya pada tahun 2023,” kata Iriawan.

“Menyusul pembatalan Piala Dunia U-20 FIFA pada 2021, Timnas yang akan kita persiapkan nantinya, dapat memanfaatkan waktu tambahan dan melanjutkan program untuk persiapan Piala Dunia U-20 FIFA pada 2023. Saya berharap semoga persiapannya bisa lebih menyeluruh, matang, dan nanti bisa menjadi juara,” tutup Iriawan. (*)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia Terancam Ditunda Hingga 2023

Imbas Piala Dunia U-20 2021 Batal; Habis Genta Alparedo, Terbitlah Lugas Satrya