in ,

FIFA Bagi-bagi Dana Segar untuk Atasi Covid-19; PSSI Kecipratan Rp7,7 Miliar

Jakarta, bolabeten – Di tengah pandemi virus corona, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), boleh berlega hati, karena akan mendapat bantuan dana segar dari Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Ini ibarat dapat segalon air di padang gersang bagi PSSI, pasca dihentikan kompetisi.

Kepastian ini diketahui dalam pengumuman FIFA pada Jumat (25/4/2020). FIFA akan mengucurkan dana sebesar 150 juta dolar atau setara Rp2,28 triliun, untuk membantu 211 asosiasi anggota di seluruh dunia.

Indonesia mendapat jatah yang cukup banyak, dan cukup membuat pengurus PSSI sumringah, yakni sekitar Rp7,7 miliar. Dari jumlah tersebut, setiap asosiasi anggota akan menerima angka yang sama, yakni 500 ribu dolar atau sekitar Rp7,7 miliar.

Bantuan ini diharapkan bisa membantu anggota untuk melawan krisis karena virus corona. “Pandemi ini menimbulkan tantangan yang sebelumnya belum pernah ada. Sebagai badan pengatur dunia, adalah tugas FIFA untuk mendukung mereka menghadapi kebutuhan akut,” kata Presiden FIFA, Gianni Infantino.

“Ini dimulai dengan memberikan bantuan keuangan langsung kepada asosiasi anggota kami, yang banyak di antaranya yang mengalami krisis keuangan,” lanjutnya.

FIFA ingin bantuan dana ini dipakai untuk kebutuhan seharusnya. Oleh karena itu, setiap asosiasi yang telah menerima bantuan akan dimintai laporan pemakaian.

Virus corona turut berdampak terhadap sepak bola Indonesia. Akibat virus itu, kompetisi dan kegiatan tim nasional harus tertunda. Tidak hanya itu, pemain, pelatih, dan ofisial tim juga harus menerima pemotongan gaji akibat pandemi itu.

“Ini adalah langkah pertama dari rencana bantuan finansial berjangkauan luas untuk menanggapi keadaan darurat di seluruh komunitas sepakbola. Bersama-sama dengan para pemangku kepentingan, kami menilai kerugiannya, dan kami sedang mengerjakan program paling tepat dan efektif untuk mengimplementasikan tahapan lain dari rencana bantuan ini.”

FIFA menekankan, bantuan finansial ini harus digunakan untuk mengurangi dampak keuangan akibat pandemi virus Corona di asosiasi anggota, seperti kewajiban operasional terhadap staf dan pihak ketiga.(*/mht)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Ternyata Semen Padang FC Pernah Dijuluki Barcelona-nya Asia Tenggara

Semen Padang FC Lelang Jersey 2011-2012 Nomor 8 Milik Ellie Aiboy