in ,

Elkan Baggot, “Bule” yang Dipanggil Timnas U-19; Ayah Inggris, Ibu Indonesia, Lahir di Thailand

Jakarta, bolabeten – Manajer dan pelatih timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil 46 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat. Dari 46 pemain itu salah satunya berasal dari klub asal Inggris Ipswich Town U-18, Elkan Baggot.

Ada tiga darah yang mengalir di tubuh Elkan Baggott. Thailand, Inggris, dan Indonesia. Namun, siapa sangka, pemain berusia 17 tahun itu membuat keputusan mengejutkan.

Elkan Baggott merupakan bek dari klub Inggris, Ipswich Town U-18, yang belakangan ini tenar di dunia maya. Punya masa depan yang cerah di Negeri Ratu Elizabeth, bek berpostur 194 cm ini justru memilih menerima pinangan Timnas Indonesia U-19. Baggott adalah anak dari pasangan Inggris dan Indonesia yang lahir di Bangkok, Thailand.

Ayahnya berasal dari Inggris dan ibunya asli Indonesia. Sewaktu kecil, bek berpostur raksasa, 194 cm ini pernah bermukim di Jakarta selama tiga tahun. Dia sempat bersekolah di Arsenal Training Center hingga di British School Jakarta.

“Itu tim pertama saya. Setelah itu, saya pindah ke Inggris dan bermain di Sunday League, kompetisi amatir di sana,” ujar Baggott dinukil dari wawancaranya dengan channel Yussa Nugraha di YouTube.

“Dari situ, karier saya dimulai. Saya bergabung dengan Witham Town, level yang lebih tinggi, dan direkrut oleh Ipswich Town U-18,” imbuh Elkan Baggott.

Elkan Baggot mengaku telah menghabiskan dua musim bersama Ipswich Town U-18. Dia sudah beberapa kali menghadapi tim-tim junior kelas Premier League di sana. “Saya bermain di akademi kategori dua. Jadi sudah melawan tim-tim seperti Watford, Crystal Palace, dan Burnley,” jelas Baggott.

“Saya bermain di sini sejak U-15. Sekitar tiga setengah tahun. Saya berposisi sebagai bek tengah sebelah kiri, karena kaki kiri saya kuat,” imbuhnya.

Pemanggilan Baggot ke pemusatan latihan (training centre) Timnas Indonesia U-19 terbilang mengejutkan. Pasalnya, namanya tidak sepopuler pemain keturunan lain semisal Paul Aro dan Jack Brown.

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-19, Nova Arianto memastikan, Elkan Baggott berstatus Warga Negara Indonesia, bukan Thailand maupun Inggris. “Dia WNI dan sudah berpaspor Indonesia. Dia bukan naturalisasi. Sedari awal, dia memang WNI,” kata Nova.

Namun saat Elkan bergabung bersama timnas U-19 Indonesia, salah satu kendala yang dihadapi Elkan Baggot adalah soal bahasa. Bek berpostur 192 cm itu rupanya belum fasih berbicara bahasa Indonesia. Elkan Baggot mengaku masih butuh beradaptasi karena belum sepenuhnya menguasai bahasa Indonesia.

Dalam keterangannya, Elkan Baggot mengatakan ia tidak sepenuhnya buta dengan bahasa Indonesia. Sebab, dia bisa memahami apa yang orang lain sampaikan. “Saya tidak begitu bisa berbahasa Indonesia, beberapa kata saja yang saya tahu,” kata Elkan Baggot.

Elkan Baggot tidak bisa membalas ucapan orang lain dengan menggunakan bahasa Indonesia. Elkan Baggot lebih bisa menggunakan bahasa Inggris. “Tetapi kalau orang bilang sesuatu kepada saya, mungkin bisa saya mengerti beberapa kata,” ucap Elkan Baggot yang membuat Shin Tae-yong terpesona dengan penampilannya lewat video yang dikirimnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

60 klub anggota mendaftar, Asprov PSSI Jatim tunggu koordinasi Gugus Tugas Covid-19 sebelum gelar Liga 3 2020

Breaking News!! Marc Marquez Akhirnya Menyerah, Dipastikan Absen di MotoGP Andalusia 2020