in ,

Dua Mantan Kiper Semen Padang FC; Teja Paku Alam tak Dilirik, Rivki Mokodompit Dipanggil ke Timnas

Padang, bolabeten – Kiper utama Persib Bandung, Teja Paku Alam, tidak dipanggil pelatih Shin Tae Yong untuk mengisi satu tempat di Timnas senior Indonesia. Walau dalam tiga laga awal Persib di Liga 1 2020 sebelum libur, performa Teja luar biasa, namun itu belum cukup membuat pelatih Timnas asal Korea Selatan itu tergiur dengan mantan kiper Semen Padang FC asal Pesisir Selatan itu .

Dari daftar nama yang dirilis, Shin Tae Yong membuat gebrakan dengan memanggil nama-nama baru untuk mengikuti pemusatan latihan (TC). Selain Teja, sejumlah pemain yang selama ini jadi langganan, bahkan nyaris berkarat di Timnas, tidak mendapat panggilan kali ini.

Shin Tae-yong dijadwalkan kembali ke Indonesia dalam waktu dekat, dan langsung memimpin tim Merah Putih menggelar pemusatan latihan (TC). TC sebagai persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2022 itu rencananya akan digelar pada 23 Juli-8 Agustus 2020 di Stadion Madya, Jakarta.

PSSI juga telah melayangkan surat pemanggilan pemain kepada klub-klub peserta Liga 1 2020.Beberapa klub telah mempublikasi daftar pemain mereka yang dipanggil timnas Indonesia. Yang menarik, tercatat cukup banyak nama langganan timnas Indonesia yang kali ini tak terpanggil oleh Shin Tae-yong.

Pertama, untuk posisi kiper, selain Teja, yang mengejutkan nama Andritany Ardhiyasa tidak masuk. Padahal kiper sekaligus kapten Persija itu nyaris tak tersentuh, dan dianggap kiper nomor satu di Indonesia.

Andritany yang mengawal gawang timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF 2018 itu tergusur oleh kiper PSM Makassar, Miswar Saputra. Menariknya, mantan kiper mantan Semen Padang yang kini bermain di Persebaya Rivki Mokodompit. Dua kiper muda yang juga dipanggil adalah Nadeo Argawinata dan Muhammad Riyandi.

Kemudian ada pula penyerang naturalisasi asal Belanda, Stefano Lilipaly, yang juga absen pada TC kali ini. Shin Tae-yong hanya memanggil tiga pemain dari Bali United yakni Ilija Spasojevic, Nadeo Argawinata, dan Kadek Agung.

Rekan setim Lilipaly yakni Gavin Kwan Adsit, Ricky Fajrin, dan Lerby Eliandry juga tak mendapat panggilan timnas. Nasib pemain naturalisasi lainnya, Alberto Goncalves, juga sama. Penyerang gaek berusia 39 tahun itu tak mendapatkan panggilan.

Madura United menyumbangkan tiga nama pada TC timnas Indonesia kali ini yakni Fachruddin Aryanto, Asep Berlian, dan Zulfiandi. Kiper utama Madura United, Muhammad Ridho, yang biasanya juga mengisi daftar pemain timnas Indonesia kali ini harus rela mendukung teman-temannya dari jauh.

Sementara itu, Bhayangkara FC yang biasanya menyumbangkan banyak pemain ke timnas Indonesia kali ini hanya mengirimkan dua wakil, Dendi Sulistyawan dan Adam Alis. Nama-nama beken yang sering keluar masuk timnas Indonesia seperti Andik Vermansah, Putu Gede Juni Antara, dan Saddil Ramdani pun harus tercoret dari daftar.

Arema FC sejauh ini menjadi tim yang menyumbangkan pemain paling banyak. Ada lima pemain Singo Edan yang berkesempatan mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia. Kelima pemain tersebut adalah Bagas Adi Nugroho, Johan Alfarizi, Hendro Siswanto, Kushedya Hari Yudo, dan Muhammad Rafli.

Hanif Sjahbandi, gelandang Arema FC yang juga bisa menjadi stopper, harus merelakan kehilangan tempat di timnas Indonesia. Yang tak kalah mengejutkan adalah pemanggilan pemain Persebaya Surabaya. Shin Tae-yong memutuskan menarik empat pemain Bajul Ijo ke timnas Indonesia. Keempat pemain tersebut adalah Rivky Mokodompit, Koko Ari Araya, Arif Satria, dan Rachmat Irianto.

Bek yang hampir selalu masuk timnas Indonesia semua level usia, Hansamu Yama Pranata, jadi terpinggirkan. Duo Barito Putera, Bayu Pradana dan Rizky Pora, yang akrab dengan panggilan timnas Indonesia kali ini juga tak mendapat kesempatan. Shin Tae-yong justru menjajal kiper muda milik Laskar Antasari, Muhammad Riyandi, untuk unjuk gigi bersama tiga kiper lainnya.

Berikut daftar pemain langganan timnas Indonesia yang tak dipanggil pada TC kali ini:

01. Andritany Ardhiyasa (Persija)
02. Muhammad Ridho (Madura United)
03. Alberto Goncalves (Madura United)
04. Stefano Lilipaly (Bali United)
05. Gavin Kwan Adsit (Bali United)
06. Ricky Fajrin (Bali United)
07. Lerby Eliandry (Bali United)
08. Hanif Sjahbandi (Arema FC)
09. Andik Vermansah (Bhayangkara FC)
10. Putu Gede Juni Antara (Bhayangkara FC)
11. Saddil Ramdani (Bhayangkara FC)
12. Hansamu Yama (Persebaya)
13. Bayu Pradana (Barito Putera)
14. Rizky Pora (Barito Putera)
15. Teja Paku Alam (Persib Bandung)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Negara memanggil, Bek PSP Padang Liga 3 2017 temukan jalan ke Timnas Indonesia

Mike Tyson Tolak Mentah-mentah Tawaran Rp294 Miliar untuk Bertinju Tanpa Sarung Tinju