in ,

Dibesarkan Semen Padang FC, Dinikmati Persija; “Si Kancil” Ini Lebih Suka Cetak Assist Ketimbang Gol

Jakarta, bolabeten – Penyerang sayap Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, mengakui lebih suka membuat assist ketimbang mencetak gol.

Mampu menciptakan gol ke gawang lawan memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap pemain sepak bola. Selain bisa membawa timnya meraih kemenangan atas tim lawan, mencetak gol juga terbilang sebagai pencapaian individu bagi seorang pemain.

Namun, agaknya dua alasan yang disebutkan di atas tidak berlaku bagi Riko Simanjuntak bersama Macan Kemayoran, julukan Persija. Sebagai pemain yang bertipikal menyerang dan kerap kali melakukan penetrasi di daerah pertahanan lawan, mencetak gol bukan jadi prioritas utamanya.

Sebab, Riko Simanjuntak memiliki target tersendiri dalam setiap aksinya menusuk jantung pertahanan musuh: menciptakan peluang bagi rekan-rekannya.

Dengan kata lain, penyerang sayap berusia 29 tahun yang namanya mencuat dan dibesarkan Semen Padang Fc ini ini memiliki ambisi tersendiri untuk menjadi pelayan bagi pemain lain.

Baginya, tak ada yang lebih menyenangkan dari sebuah servis untuk rekan setimnya, yang kemudian mampu dikonversi menjadi gol.

“Jika harus memilih antara membuat assist atau mencetak gol, saya lebih memilih membikin assist. Sebab, hal itu menjadi sesuatu yang bisa membuat saya merasa senang,” kata Riko Simanjuntak, dari laman resmi Persija.

Ambisinya menjadi “pelayan” bagi rekan setimnya turut diperkuat dengan sejumlah data. Sudah ada 22 assist yang dicetaknya sejak membela Persija pada 2018.

Angka yang dicatatkan mantan pemain Semen Padang itu menjadi yang tertinggi apabila dibandingkan dengan pencapaian pemain Persija lainnya.

Menurut Riko, yang menarik dari menciptakan assist adalah keterlibatannya di proses gol. Ia pun memiliki kepuasan batin tersendiri jika berhasil membantu rekannya mencetak gol.

Meskipun tak menampik jika ia juga senang mencetak gol, tetapi memberikan servis kepada rekan lebih terasa menggembirakan baginya.

“Sebelum terjadi gol, pasti ada prosesnya. Itulah mengapa saya senang jika terlibat dalam proses menciptakan gol dan bisa membantu teman mencetak gol,” kata Riko.

“Jujur saja, saya senang jika bisa melakukan keduanya. Namun kalau disuruh memilih, saya memang lebih suka membuat assist,” ia melanjutkan, seperti diwartakan skor.id.

Salah satu aksi terbaik Riko barangkali terjadi pada Liga 1 2019. Kala itu statistik mentereng dicatatkan, yakni membuat assist di lima laga beruntun. Inilah yang membuat Persija sangat menikmati keistimewaan pemain yang berjuluk si Kancil dari Siantar ini.

Pemain berusia 29 tahun ini meyakini, semua aksi yang dilakukan itu tak terlepas dari posisinya sebagai pemain sayap yang bertugas melayani penyerang Persija.

“Mungkin, karena posisi saya di sayap, jadi memang itu prioritas dan tugas utama pemain sayap untuk memberikan umpan kepada teman-teman di daerah penyerangan,” katanya.

“Ketika memberikan umpan-umpan tersebut dan bisa dikonversikan menjadi gol, tentu ada kepuasan tersendiri bagi saya,” Riko Simanjuntak memungkasi.(*)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Shin Tae-yong Panggil Dua Pemain Baru di TC Timnas SEA Games 2021

Eks Pesepakbola Profesional ikut bermain, Inilah Tim Peserta FOKAN Sumbar Cup I-2021