in ,

Demi Piala Dunia, Putra Winger PSP Padang medio 1980-an ini optimis akan mencuri perhatian Shin Tae Yong

Sutan Diego Armando Oriando Zico

Dok. Minangkabau Cup

Jakarta, bolebeten – Sutan Diego Armando Oriando Zico, pemiliki bakat pesepakbola turunan dari sang Bapak, Oriyanto Jhosan, winger PSP Padang era 1984-1988 dan skuad PSP Yunior, runner-up Piala Soeratin 1985, memiliki tekad kuat membanggakan orang tuanya dengan bermain di Piala Dunia U-20 2021.

Asanya terkuak setelah masuk daftar 46 pemain yang dipanggil Shin Tae Yong, ke pemusatan latihan (TC) Tim Nasional U-19 Indonesia, mulai 23 Juli hingga 8 Agustus 2020 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

“Yang pasti harapannya bisa lolos untuk membela Indonesia di Piala Asia. Saya siap kerja keras untuk mendapatkan itu,” tutur Zico dikutip dari media persija, Rabu (22/7)

Zico berhasrat besar membayar kegagalannya membawa Tim Nasional (Timnas) U-16 lolos ke Piala Dunia U-17 2019.

Meski masa itu, Ia tampil sebagai Top Skor dengan 10 gol, Timnas U-16 yang dilatih Fakhri Husaini kandas di perempat final Piala Asia U-16 2018 yang mengubur mimpi Indonesia untuk pertama kalinya menginjak Piala Dunia.

Sekarang, kesempatan datang kembali. Persiapan Piala Dunia U-20 2021 yang justru dituan rumahi Indonesia. Zico tak ingin melepas peluang demi membela tim Garuda Muda. Ia akan berjuang keras agar dilirik oleh pelatih Shin Tae-yong.

Ia mengaku telah jauh-jauh hari mempersiapkan diri secara matang sebelum terpanggil menjalani TC Timnas U-19. Yang ebih dulu mengikuti Piala AFC U-19 2020, 14 – 31 Oktober di Uzbekistan, sebelum terjun di Piala Dunia U-20 2021.

“Tentunya yang paling terutama persiapan fisik mengingat pelatih Shin aspek paling ditekankan adalah fisik. Terakhir sentuhan bola saya sudah saya kerjakan dengan latihan di lapangan dalam dua minggu terakhir mengingat selama pandemi ini saya juga tidak ke lapangan,” ujar Zico.

Timnas U-19 di Piala AFC (Asia) nanti bergabung di grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran. Sebelum ini, TC virtual sejak Mei sampai Juli dan dilanjutkan secara bersama, 23 Juli-8 Agustus (*)

Sutan Zico bersama kedua orangtuanya/foto: jawapos

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Paulo Sitanggang Susul Ferdinand Sinaga, Kekuatan PSMS Medan Semakin Mengerikan

Shin Tae-yong Tiba, Iwan Bule Gembira