in ,

Ketua Asprov PSSI Sumbar buka resmi Kursus Wasit C.III di Kota Padang

Sepakbola Sumbar

Hendra Dupa, Sekum PSSI Sumbar memberikan sambutan di pembukaan Kursus/ist

Padang, bolabeten – Sebanyak 47 orang peserta kursus wasit C.III Nasional yang diadakan oleh Komite Bidang Wasit PSSI Kota Padang resmi mengikuti pelatihan mulai Senin, (5/10/2020) hingga (11/5/2020) nanti di Kampus Universitas Negeri Padang (UNP), Lubuk Buaya.

Kursus dibuka resmi Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumbar, H. Indra Dt Rajo Lelo, SH, MM, yang diwakili oleh Sekretaris Umum, Hendra Dupa.

Hendra Dupa menyampaikan kursus wasit berlisensi ini diperlukan untuk mendapatkan legalitas federasi, yang berdasarkan ilmu perwasitan itu sendiri serta sesuai dengan aturan-aturan permainan (Laws of the Game) yang dibakukan IFAB (International Football Association Board).

“Lima aspek yang harus di miliki calon wasit. Integritas, Fisik, Bahasa, Memahami Regulasi Sepak Bola dan Kedisiplinan,” tuturnya.

“Harapan saya ikutilah kursus ini secara serius dan sebaik-baiknya agar nanti bisa menjadi wasit yang berkualitas. Karena lulus atau tidaknya dalam kursus ini, ditentukan oleh diri sendiri (peserta),” imbuhya.

Sementara itu, Edo Wiradana, Exco (Komite Eksekutif) Bidang Wasit PSSI Padang kepada bolabeten.com, Senin malam, menjelaskan sebanyak 47 peserta kursus mayoritas berasal dari kawasan Sumatera. Sedangkan dari Kota Padang sendiri berjumlah 18 orang.

“Dari 47 peserta juga terdapat 4 orang peserta wasit wanita,” ulasnya.

“Kita targetkan peserta dari kota Padang yakni 36 peserta yang mewakili klub di Liga Askot. Tapi ternyata hanya 1/3 dari klub Liga Askot yang mengikuti,” terangnya.

Namun, Edo berharap kegiatan ini bisa membantu kita (Bidang Wasit Kota Padang) dalam sosialisasi Laws of The Game (LOTG) dan bibit bagi perbendaharaan kuantitas Wasit Kota Padang. Ia meminta semua peserta fokus dan konsentrasi dalam mengikuti materi kursus yang diberikan M. Oleh Hadi, Instruktur Wasit dari PSSI Pusat dibantu Drs. Yendra, M.Pd.

“Banyak bertanya kepada instruktur yang pernah memiliki lisensi FIFA Referee (Oleh Hadi), sehingga laws of the game dapat diaplikasikan saat memimpin pertandingan di daerah masing-masing, nantinya,” urainya Edo, diamini Erman “Parau”, Ketua Pelaksana (*)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Innalillahi Wa Innalillhi Rojiun… Selamat Jalan Pak Asdian, ST, Manager Terbaik Semen Padang FC

Selangkah lagi pesepakbola Belanda akan jadi WNI