in ,

Ada Enam Ronaldo di Dunia, 2 Diantaranya Pernah Memperkuat Semen Padang FC

TURIN, ITALY - JANUARY 19: Cristiano Ronaldo of Juventus looks on during the Serie A match between Juventus and Parma Calcio at Allianz Stadium on January 19, 2020 in Turin, Italy. (Photo by Marco Luzzani/Getty Images)

Padang, bolabeten – Selama ini nama Ronaldo begitu melekat dan familiar dengan dunia sepakbola. Ternyata nama Ronaldo tergolong “pasaran” juga di lapangan hijau ukuran 110 x 60 meter itu. Tercatat ada enam Ronaldo yang pemain bola.

Uniknyo pemain bernama Ronaldo rata-rata pemain hebat, bahkan ada berstatus megabintang. Siapa tak kenal superstar Juventus, Cristiano Ronaldo. Itu wajar karena CR7 merupakan salah satu pemain terbaik di dunia saat ini.

Bukan hanya Cristiano Ronaldo yang memiliki nama ini. Ada juga pemain lain dengan nama serupa, dan ternyata jadi bintang juga.

Uniknya, di Indonesia juga ada pemain yang memakai nama Ronaldo. Hebatnya lagi, keduanya pernah memperkuat Semen Padang. Siapa saja mereka? Berikut pembahasannya.

1. Cristiano Ronaldo
Pemain yang satu ini semua orang pasti tahu. Nama Ronaldo diambil dari mantan Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan yang diidolai oleh mendiang sang ayah. Ronaldo merupakan salah satu pemain terbaik di dunia. Pemain 35 tahun ini sudah mengoleksi lima Ballon d’Or dan empat Sepatu Emas Eropa.

Tak hanya itu, Ronaldo sudah mengoleksi 30 trofi sepanjang kariernya, termasuk tujuh gelar liga, lima Liga Champions, ditambah Piala Eropa dan UEFA Nations League bersama Portugal.

2. Ronaldo Luís Nazario de Lima
Ronaldo ini juga pemain terbaik dunia, namun berbeda zaman dengan Cristiano Ronaldo. Ronaldo tiga kali merebut gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA dan dua Ballon d’Or. Dia adalah Legenda hidup Timnas Brasil.

Ronaldo sempat memperkuat sejumlah klub papan atas Eropa dari mulai Barcelona, Inter Milan, Real Madrid dan AC Milan. Dia dua kali merebut gelar Piala Dunia bersama Brasil pada 1994 dan 2002. Kini, Ronaldo tercatat sebagai presiden sekaligus pemilik klub LaLiga, Real Valladolid.

3. Ronaldo de Assis Moreira
Mendengar nama Ronaldo de Assis Moreira mungkin banyak yang mengernyitkan dahi. Publik lebih banyak yang mengenal sosok satu ini dengan nama Ronaldinho. Ronaldinho berarti Ronaldo kecil. “Inho” dalam bahasa Brasil artinya kecil. Nama ini melekat karena postur tubuhnya yang kecil saat masih kanak-kanak.

Ronaldinho sempat mengalami masa keemasan saat memperkuat Barcelona dan AC Milan. Ronaldinho sukses merebut dua gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA dan satu Ballon d’Or. Dia juga sukses membawa Brasil menjuarai Piala Dunia 2002.

Kini, Ronaldinho berstatus tahanan rumah setelah sempat mendekam di penjara. Dia dihukum karena kasus pemalsuan paspor saat memasuki wilayah Paraguay pada Maret 2020 lalu. Dia ditangkap bersama dengan kakaknya, Roberto de Assis.

4. Ronaldo Henrique Silva
Sama seperti pemain nomor 2 dan 3 di atas, Ronaldo yang satu ini juga pemain asal Brasil. Namun, nasib pemain 29 tahun ini jauh berbeda. Berposisi sebagai penyerang, kemampuan Ronaldo tak begitu mengesankan. Dia seperti kutu loncat yang berpindah-pindah klub setiap musim.

Ronaldo yang satu ini sempat memperkuat klub Divisi II Jepang, Yokohama FC pada 2014. Di musim 2019 dia mengembara ke Liga Super Malaysia, memperkuat Perak FA. Di musim 2020 ini, Ronaldo kembali ke negaranya. Dia tercatat sebagai pemain klub promosi Serie A Brasil, Sport Recife.

5. Vendry Ronaldo Mofu
Ternyata Indonesia juga memiliki sosok Ronaldo. Dia adalah Vendry Ronaldo Mofu, gelandang klub Liga 2, Semen Padang. Karirnya di Kabau Sirah panjang juga, dan sering keluar masuk, sejak diambil dari Persiwa wamena tahun 2010.

Vendry sempat menjadi andalan Timnas Indonesia saat ada dualisme liga pada 2012 silam. Total, dia 11 kali membela Skuat Garuda dengan dua gol. Vendry sempat membela Indonesia di Piala AFF 2012.

Pada 2013, Vendry masih sempat membela Timnas. Namun, sejak terakhir dipanggil pada 15 Oktober 2013 melawan China, pemain 30 tahun ini tak pernah lagi dipanggil Timnas Indonesia.

6. Ronaldo Eko Julianto
Ini dia, Ronaldo yang benar-benar urang awak. Karirnya dimulai menjadi terbaik turnamen antar Kecamatan, Minangkabau Cup. Kemudian dilirik Semen Padang FC. Setelah memperkuat Semen Padang U-19 2017, Ronaldo Eko Julianto naik kelas ke tim senior Semen Padang FC berjibaku di Liga 2 2018.

Sempat dipertahankan untuk Liga 1 2019, tapi anak Koto Tangah ini tak pernah bermain dan penghangat bangku cadangan, karena persaingan internal di tim senior Semen Padang mnasih cukup berat bagintya.

Gagal lolos seleksi untuk Liga 2 2020, Ronaldo lokal ini mencoba mengadu nasib di klub Liga 2 lainnya. Akhirnya mantan pemain Pra PON Sumbar 2019 tersangkut di Kalimantan, bersama Kalteng Putra.(*)

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Fadillah tinggal di Indonesia, Eks PPLP Sumbar dan pemain muda Semen Padang FC lanjut TC ke Kroasia

Shin Tae-yong : Elkan Baggot, Jack Brown dan yang dibawa ke Kroasia murni penilaiannya selama TC di Jakarta