in ,

3 Aturan Wajib Liga Jerman Saat Kompetisi Dilanjutkan Ditengah Corona

Jakarta, Bolabeten – Liga Jerman memastikan bakal melanjutkan kompetisi sepak bola musim 2019/2020 pada akhir pekan ini dengan memperhatikan beberapa aturan penting guna mencegah penularan virus corona.

Jadwal Bundesliga Liga Jerman bakal diawali dengan pertandingan derby Lembah Ruhr antara Borussia Dortmund dan Schalke 04 di Stadion Signal Iduna Park, Sabtu (16/5).

Bundesliga bakal menjadi kompetisi elite Eropa pertama yang menggulirkan kembali pertandingan-pertandingan setelah wabah virus corona menghentikan laga-laga lapangan hijau di Benua Biru.

Pertandingan-pertandingan di Bundesliga tidak akan berlangsung begitu saja seperti sebelumnya. Ada aturan-aturan yang mesti ditaati guna menjaga keselamatan dan kesehatan pemain di masa pandemi covid-19.

Dokter Tim Meyer yang tergabung dalam gugus tugas virus corona di Liga Sepak Bola Jerman (DFL) mengurai langkah-langkah yang diambil untuk memastikan pertandingan berjalan aman.

1. Tes Virus Corona
Bundesliga telah merencanakan program pengujian yang ketat untuk memastikan setiap kasus positif dapat segera diisolasi.

“Para pemain, anggota staf, diuji dua kali per minggu sepanjang musim. Ketika ada pertandingan, pemain diuji pada hari sebelum pertandingan, dan ketika mereka bermain seminggu dua kali, maka mereka diuji pada hari-hari sebelum pertandingan. Ini berlaku untuk pemain dan staf,” kata Meyer dikutip dari AS.

Kapasitas pengujian virus corona di Jerman merupakan yang terbaik di dunia, namun DFL mengonfirmasi akan melakukan pengujian melalui pihak swasta sehingga tidak menambah beban kesehatan masyarakat.

2. Tanpa Penonton
Semua pertandingan Bundesliga dan Bundesliga 2 akan berlangsung tanpa penonton dengan batasan 300 orang di setiap laga.

Sebanyak 200 orang seperti pemain, pelatih, ofisial, tim medis, dan pihak penyelenggara siaran akan berada di dalam stadion. Sementara sisanya, terutama staf keamanan, akan berada di luar stadion.

3. Jarak Sosial
Dalam pidato yang telah disampaikan, Kanselir Angela Merkel menegaskan Jerman akan menerapkan jarak sosial untuk menekan rasio penularan. Kendati sulit dipraktikkan di lapangan, Meyer menekankan ada aturan yang harus dipatuhi.

“Di stadion, pemain dan orang-orang lain akan ditempatkan di tiga zona berbeda. Satu zona hanya untuk pemain dan staf. Lainnya untuk keperluan televisi, serta personel keamanan, dan zona ketiga adalah untuk semua orang yang memiliki tugas lain dalam pertandingan,” kata Meyer. (*).

Tinggalkan Balasan

Loading…

0

Futsal Indonesia Berduka, Pelatih Vamos Mataram Bonsu Hasibuan Meninggal Dunia

Football is Back!,  Bundesliga Resmi Bergulir Lagi Malam Ini, Dortmund Pesta Gol ke Gawang Schalke